Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Kunci Sukses Membawakan Puisi Dikala Lomba Puisi

Kiat Sukses Pentas Puisi - Membawakan puisi ialah suatu tantangan tersendiri bagi sebagian orang yang mengikuti atau mengajukan diri dalam acara-acara maupun pentas seni atau lomba. Bukan hanya membacakan puisi dan isi puisi saja yang harus anda perhatikan sebelum tampil membawakan puisi anda, namun ternyata ada hal-hal lainnya juga lho yang harus anda perhatikan semoga puisi yang anda bawakan terlihat tepat tanpa adanya sedikitpun gangguan dalam penampilan anda.

Dalam program pentas sendiri tentunya memiliki juri yang nantinya akan menilai penampilan kita ketika kita diatas panggung, untuk itu kiat sukses ini akan kita bahas demi membantu anda dalam menyiapkan penampilan ketika lomba maupun pentas itu berlangsung semoga tidak ada keraguan dan kegelisahan sedikitpun yang anda rasakan. Lalu apa saja 10 kiat yang harus kita perhatikan sebelum perform? Berikut ini ialah kiat sukses yang harus anda perhatikan untuk kesiapan anda.

Kiat Sukses Membawakan Puisi :


1.Berdo’a dan Salam Pembuka, Do’a itu penting sekali dalam kehidupan, dengan berdoa maka kita akan selalu diberi fasilitas untuk sesuatu yang akan kita lakukan, oleh sebab itu berdo’alah dalam hati semoga apa yang akan kita tampilkan berjalan dengan baik.

2.Busana, Busana selalu menjadi salah satu alasan tersendiri bagi seseorang untuk tampil demi mendapat perhatian lebih, dengan busana terkadang mata pengunjung maupun para juri akan melihat kita dari segi kesiapan dan persiapan, oleh sebab itu berbusanalah yang sopan, rapi, higienis dan sesuaikan dengan tema pentas. Perlu di ingat juga jangan mengenakan busana yang terlalu mencolok sebab nanti sanggup saja kita dianggap terlalu mencari perhatian ketika program berlangsung.

3.Posisi Berdiri, Pastikan juga anda sudah melihat keadaan panggung atau posisi panggung pentas yang akan menjadi sentra perhatian acara, sebelum anda tampil pastikan anda sudah menentukan posisi bangkit anda. Posisi bangkit yang baik ialah ditengah panggung yang sedikit maju dihadapan para hadirin. Setelah itu anda juga diharuskan untuk bangkit tegak layaknya seorang yang berani dan siap untuk membacakan puisi anda dengan percaya diri.

4.Bahasa Tubuh (Body Language), bahasa badan ialah jembatan utama anda dalam berkomunikasi kepada para pendengar yang nantinya akan mendengarkan puisi anda, bahasa badan juga bukan hanya tangan saja, mata anda juga salah satunya, usahakan mata anda selalu menatap dan beralih kesetiap sudut pengunjung, dengan menyerupai itu anda akan terlihat menguasai panggung dengan baik dan komunikatif.
 Membawakan puisi ialah suatu tantangan tersendiri bagi sebagian orang yang mengikuti ata 10 Kunci Sukses Membawakan Puisi Saat Lomba Puisi
5.Penghayatan, Poin penting dalam membaca puisi ialah penghayatan puisi atau sajak tersebut, dimana anda harus benar benar menjiwai setiap kata dan bait-baitnya, oleh sebab itu berlatihlah terlebih dahulu untuk menguasai penghayatan puisi yang akan anda bawakan.

6.Suara, selain penghayatan puisi diatas bunyi anda juga menjadi salah satu faktor kesuksesan anda membawakan puisi, maka tampilah dengan bunyi terbaik anda yang sanggup didengar oleh seluruh pengunjung pentas tersebut, jangan sekali kali memakai bunyi yang lirih sebab sanggup mengurangi nilai anda ketika membaca puisi.

7.Berlatih mengatur nafas, ketika kita membacakan puisi tentunya bunyi memerlukan jeda maupun nafas yang harus kita siapkan sebelum mengatakannya, menyerupai halnya menyanyi, membacakan puisi juga harus menguasai pengaturan nafas kita semoga nantinya kita tidak ter engah-engah dalam mengucapkannya.

8.Fokus, kebanyakan kegagalan akseptor ketika dipanggung pentas ialah keraguan atau ketidakfokusan mereka dalam penguasaan panggung dan terkadang mereka lupa akan tujuan mereka mengikuti pentas tersebut, oleh sebab itu saya sarankan kepada anda untuk tetap fokus dengan apa yg sudah anda persiapkan, jangan sekali kali terpengaruh oleh penonton dan perlu di ingat! Kewajiban anda ialah merampungkan penampilan anda.

9.Beri penghormatan, penghormatan disini ialah penghormatan untuk para hadirin dan juga juri yang sudah melihat dan mendengar penampilan kita, penghormatan ini juga sanggup anda lakukan dengan menundukan kepala ataupun ucapan terima kasih kepada para hadirin.

10.Salam, Sering kali salam ialah hal penting yang terlupakan oleh kita ketika penghujung program ataupun penampilan kita, jadi ingatlah pada diri kita untuk selalu akhiri suatu penampilan dengan salam.


Itulah 10 kiat sukses dalam membawakan puisi ketika pentas yang sanggup saya bagikan kepada anda, semoga kiat sukses dalam berpuisi ini sanggup membantu anda untuk perisapan dan kesiapan anda yang akan mengikuti lomba puisi maupun pentas seni lainnya yang berkaitan dengan puisi.

Sumber http://www.satubahasa.com

Post a Comment for "10 Kunci Sukses Membawakan Puisi Dikala Lomba Puisi"