Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kalkulator Menghitung Luas Segi N Beraturan

Dalam permasalahan geometri Luas merupakan suatu penggalan yang sering ditanyakan dalam soal soal. Untuk berdiri dengan bentuk segi 3 dan segi 4 dari sekolah dasar pastinya sudah diketahui, bagaimana cara mencari luasnya. Untuk suatu segitiga dasar tentu sanggup saja dengan rumus alasxtinggi dibagi dua, atau dengan rumus heron. Sementara itu untuk segi 4 beraturan menyerupai persegi, persegi panjang, layang-layang, belah ketupat masing masing juga telah ada rumus tersendiri untuk mencari luasnya.

Permasalahan lebih lanjut untuk segi 5 ke atas jarang ditemui rumus rumus dalam perhitungan luas. Apalagi nanti hingga dengan segi 21 atau segi banyak lainya. Dalam hal ini sanggup dipakai kalkulator yang telah aku atur untuk mencari luas segi n beraturan. Namun sebelumnya alangkah baiknya jikalau juga mengenal bagaimana cara mencari Luas segi n secara hitungan tanpa kalkulator.

Rumus Mencari Luas Segi n Beraturan

Untuk mencari segi-n beraturan bahwasanya diturunkan dari rumus luas segitiga dengan memanfaatkan hukum sinus. Pertama dibentuk bulat diluar segi n beraturan sehingga setiap titik sudut segi n berada pada keliling lingkaran. Segi n tersebut selanjutnya dipartisi menjadi n buah segi tiga. Pada masingmasing segitiga dipakai rumus mencari luas segitiga. Lebih Jelasnya sanggup dilihat gambar berikut ini.
Rumus Luas Segi Banyak

Mungkin untuk beberapa segi istimewa menyerupai segi 6 masih sanggup dipakai rumus khusus berikut, sebab kita mengenal pada setiap segi tiga yang terbagi akan menjadi segitiga sama sisi dan sudutnya masing masing akan didapat yaitunya 60 derajat. Sesuai nilai trigonometri, sudut 60 merupakan sudut yang istimewa dan nilainya niscaya sudah banyak yang tahu.

Mungkin untuk sudut yang bukan sudut istimewa jikalau menghitung secara manual akan membutuhkan kalkulator, tabel sin dalam mencari luas segi n ini nantinya. Namun sesudah menerjemahkan dalam bentuk bahasa java, maka aku tulis kalkulator yang sanggup membantu dalam mencari luas segi n ini.


Menghitung Luas Segi - n Beraturan


Dengan proteksi alat hitung ini sanggup dihitung berapa luas segi n beraturan. Ingat hanya sanggup untuk segi  n beraturan. Tinggal hanya input segi berapa yang ma di cari dan berapa panjang sisi yang akan dicari, pada box di bawah ini. Lanjutkan dengan mengklik hitung, otomatis akan keluar hasil perhitungan dari luas segi n yang akan di cari.

Mau Hitung segi  =

dengan Panjang Sisi =



           

Semoga kalkulator ini bermanfaat dalam membantu perhitungan. Tetapi bagaimanapun penggunaan kalkulator ini lebih baik jikalau juga di ikuti pemahaman konsep yang matang. Kalkualtor ini hanya semata mata untuk mempercepat perhitungan dengan perkiraan pembaca telah memahami konsep mencari luas segi banyak yang beraturan.
Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Kalkulator Menghitung Luas Segi N Beraturan"