Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah, Letak, Pendiri Dan Silsilah Kerajaan Islam Pajang

Berikut ini akan dijelaskan terkena sejarah kerajaan pajang, pendiri kerajaan pajang, letak kerajaan pajang, peninggalan kerajaan pajang, kerajaan islam pajang, raja pajang, kerajaan pajang islam, arya penangsang, silsilah jaka tingkir, sultan hadiwijaya, jaka tingkir.

Kerajaan Pajang

Berdirinya Kerajaan Pajang tidak lepas dari runtuhnya Kerajaan Demak pada tahun 1568. Pada mulanya, Arya Penangsang yang menguasai Demak berhasil dikalahkan oleh Jaka Tingkir. 

Oleh Jaka Tingkir, sentra Kerajaan Demak dipindahkan ke Pajang, sebelah barat kota Solo (sekarang). Sejak ketika itu, berakhirlah Kerajaan Demak dan berdirilah Kerajaan Pajang. 

Adapun Demak pada ketika itu, dijadikan wilayah kadipaten yang diserahkan kepada Arya Pangiri (putra Sunan Prawoto).

Pada waktu Sultan Hadiwijaya (Jaka Tingkir) memerintah Kerajaan Pajang, Ki Ageng Pemanahan diangkat menjadi bupati di Mataram sebagai balas jasa atas menolongannya mengalahkan Arya Penangsang. 

Sesudah Ki Ageng Pemanahan wafat, jabatan bupati di Mataram didiberikan kepada Sutawijaya, putra angkat Ki Ageng Pemanahan (lihat Kerajaan Mataram).

Sepeninggal Sultan Hadiwijaya pada tahun 1582, takhta Pajang menjadi rebutan antara Pangeran Benawa (putra Hadiwijaya) dan Arya Pangiri (menantu Hadiwijaya). 

Arya Pangiri merasa tidak puas dengan spesialuntuk menjabat sebagai adipati di Demak. Pangeran Benawa disingkirkan dan spesialuntuk dijadikan adipati di Jipang. 

Selama berkuasa (1582 – 1586), Arya Pangiri banyak melaksanakan tindakan yang meresahkan rakyat, sehingga menimbulkan aneka macam perlawanan.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Pangeran Benawa untuk menghimpun kekuatan dan merebut kembali takhta Pajang. 

Dalam hal ini, Pangeran Benawa bekerja sama dengan Sutawijaya (Mataram). Akhirnya, Arya Pangiri sanggup dikalahkan dan disuruh kembali ke Demak.

Sesudah Pajang kembali ke tangannya, Pangeran Benawa justru menyerahkan kekuasaan Pajang kepada Sutawijaya. 

Hal ini dilakukannya alasannya ialah Pangeran Benawa merasa tidak bisa memimpin Pajang yang begitu luas. Sutawijaya lalu memindahkan sentra pemerintahan dari Pajang ke Mataram (1586). 

Sejak ketika itu, berdirilah Kerajaan Mataram dengan Sutawijaya sebagai rajanya. Adapun Pajang dijadikan kadipaten dan Pangeran Benawa sebagai adipatinya.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Sejarah, Letak, Pendiri Dan Silsilah Kerajaan Islam Pajang"