Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Khusus Apa Yang Dimiliki Oleh Kelelawar?

Ciri-ciri khusus apa yang dimiliki oleh kelelawar
1. Kelelawar
Kelelawar ialah satu-satunya mamalia yang sanggup terbang. Kelelawar mempunyai selaput tipis simpel robek yang sanggup dibentangkan. Binatang ini beraktivitas dan mencari makan pada malam hari. Ada jenis kelelawar pemakan serangga. Ada pula jenis kelelawar pemakan buahbuahan. Lalu, bagaimana dia mencari makan atau menangkap mangsanya? Kelelawar pemakan serangga mempunyai penglihatan sangat terbatas. Kelelawar pemakan serangga mempunyai sistem radar. Sistem radar ini mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya yang disebut sonar. Ia mengetahui daerah mangsanya berada melalui sistem radar tersebut. Teknik mencari mangsa dengan memakai sistem radar disebut ekolokasi. Jadi, ekolokasi ialah cara kelelawar untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Perhatikan gamba
Kelelawar menangkap serangga dengan ekolokasi
Ketika terbang, kelelawar mengeluarkan suara-suara yang tidak terdengar oleh manusia. Jika menabrak benda atau mangsanya, gelombang bunyi ini akan terpantul kembali ke arah kelelawar. Pantulan tersebut membuat kelelawar mengenal, memburu, dan hasilnya menangkap  mangsa dalam petang.

Lain halnya dengan kelelawar pemakan buah. Jenis kelelawar ini mempunyai penglihatan yang lebih bagus, sehingga tidak memerlukan pantulan gelombang suara. Kelelawar pemakan buah yaitu penerbang yang lambat, mempunyai pengecap yang panjang dan kasar. Ciri khusus kelelawar itu dipakai untuk bertahan hidup di lingkungannya, yaitu kehidupan malam yang petang. Jika kelelawar keluar pada siang hari, dia akan lebih simpel untuk ditangkap oleh pemburu atau oleh mangsanya. Kelelawar sudah menyesuaikan diri dengan petang malam. Siang hari dipakai kelelawar untuk diberistirahat.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Ciri-Ciri Khusus Apa Yang Dimiliki Oleh Kelelawar?"