Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Perkara Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Berikut ini akan dijelaskan secara ringkas wacana kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban masyarakat negara, kasus pelanggaran hak masyarakat negara, kasus pengingkaran kewajiban masyarakat negara, pelanggaran hak masyarakat negara, tumpuan kasus pengingkaran kewajiban masyarakat negara, pengingkaran kewajiban masyarakat negara, tumpuan pengingkaran kewajiban masyarakat negara.

Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Pelanggaran hak masyarakat negara terjadi saat masyarakat negara tidak sanggup menikmati atau memperoleh haknya sebagaimana mestinya yang diputuskan oleh undang-undang. 

Pelanggaran hak masyarakat negara ialah tanggapan dari adanya pelalaian atau pengingkaran terhadap kewajiban, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun oleh masyarakat negara sendiri. 

Misalnya, kemiskinan yang masih menimpa sebagian masyarakat Indonesia, penyebabnya sanggup berasal dari pemerintah saat aktivitas pembangunan tidak berjalan sebagaimana mestinya, atau sanggup juga disebabkan oleh sikap masyarakat negara sendiri yang malas untuk bekerja atau tidak memiliki keterampilan sehingga mereka hidup di garis kemiskinan. 

Pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban masyarakat negara di antaranya disebabkan oleh faktor-faktor diberikut.

a. Sikap egois atau terlalu mementingkan diri sendiri

Sikap ini akan menimbulkan seseorang untuk selalu menuntut haknya, sementara kewajibannya sering diabaikan. 

Seseorang yang memiliki sikap menyerupai ini akan menghalalkan segala cara semoga haknya sanggup terpenuhi, meskipun caranya tersebut sanggup melanggar hak orang lain.

b. Rendahnya kesadaran berbangsa dan bernegara

Hal ini akan menimbulkan pelaku pelanggaran berbuat seenaknya. Pelaku tidak mau tahu bahwa orang lain pun memiliki hak yang harus dihormati.

Sikap tidak mau tahu ini berakibat munculnya sikap atau tindakan penyimpangan terhadap hak dan kewajiban masyarakat negara.

c. Sikap tidak toleran

Sikap ini akan menimbulkan munculnya sikap tidak saling menghargai dan tidak menghormati atas kedudukan atau keberadaan orang lain. Sikap ini pada kesannya akan mendorong orang untuk melaksanakan diskriminasi kepada orang lain.

d. Penyalahgunaan kekuasaan

Di dalam masyarakat terdapat banyak kekuasaan yang berlaku. Kekuasaan di sini tidak spesialuntuk menunjuk pada kekuasaan pemerintah, tetapi juga bentuk-bentuk kekuasaan lain yang terdapat dalam masyarakat. Salah satu contohnya yakni kekuasaan di dalam perusahaan. 

Para pengusaha yang tidak memedulikan hak-hak buruhnya terperinci melanggar hak masyarakat negara. Oleh lantaran itu, setiap penyalahgunaan kekuasaan mendorong timbulnya pelanggaran hak dan kewajiban masyarakat negara.

e. Ketidaktegasan pegawanegeri penegak hukum

Aparat penegak aturan yang tidak bertindak tegas terhadap setiap pelanggaran hak dan kewajiban masyarakat negara, tentu saja akan mendorong timbulnya pelanggaran lainnya. Penyelesaian kasus pelanggaran yang tidak tuntas akan menjadi pemicu bagi munculnya kasus-kasus lain. 

Para pelaku tidak akan merasa jera, dikarenakan mereka tidak mendapatkan hukuman yang tegas atas perbuatannya itu. 

Selain hal tersebut, pegawanegeri penegak aturan yang bertindak diktatorial juga ialah bentuk pelanggaran hak masyarakat negara dan menjadi tumpuan yang tidak baik, serta sanggup mendorong timbulnya pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya.

f. Penyalahgunaan teknologi

Kemajuan teknologi sanggup mempersembahkan dampak yang positif, tetapi sanggup juga mempersembahkan dampak negatif bahkan sanggup memicu timbulnyakejahatan. Kalian tentunya pernah mendengar terjadinya kasus penculikan yang berawal dari perkawanan dalam jejaring sosial. 

Kasus tersebut menjadi bukti, apabila kemajuan teknologi tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang sesuai aturan, tentu saja akan menjadi penyebab timbulnya pelangaran hak masyarakat negara. 

Selain itu juga, kemajuan teknologi dalam bidang produksi ternyata sanggup menimbulkan dampak negatif, contohnya munculnya pencemaran lingkungan yang sanggup menimbulkan terganggunya kesehatan manusia.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Contoh Perkara Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara"