Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ilustrasi Terjadinya Transaksi Dalam Pasar Uang

 sepertiyang sudah dibahas dalam artikel ILUSTRASI TERJADINYA TRANSAKSI DALAM PASAR UANG
Ilustrasi transaksi dalam pasar uang – sepertiyang sudah dibahas dalam artikel-artikel sebelumnya baik artikel pengertian pasar uang maupun artikel sumber dana dan produk pasar uang, dijelaskan bahwa dalam pasar uang itu terdapat pelaku yang memperjual belikan uang, namun yang diperjual belikan bentuknya bukan uang tunai secara pribadi namun dalam bentuk surat-surat berharga jangka pendek. Sekarang yang menjadi pertanyaan siapa sajakah pelaku-pelaku yang terlibat dalam transaksi jual beli di pasar uang? Dalam pasar uang melibatkan banyak pihak yang melaksanakan transaksi jual beli, pihak-pihak tersebut antara lain ialah bank, baik itu bank sentral indonesia atau Bank Indonesia maupun bank-bank umum, yayasan dana pensiun, koperasi, perusahaan asuransi, perusahaan dagang, perusahaan jasa, perusahaan industri,  dan lembaga-lembaga keuangan lainnya.

Sesudah mengetahui para pelaku dalam transaksi jual beli di pasar uang, maka untuk lebih jelasnya silahkan pahami dua gambaran terjadinya transaksi di pasar uang diberikut ini:

misal Transaksi di Pasar Uang berdasarkan ilmu ekonomi



Ilustrasi Transaksi pertama
Apabila terdapat forum keuangan maupun perusahaan tertentu yang mempunyai kelebihan uang tunai, maka forum keuangan atau perusahaan tersebut akan berusaha untuk memakai kelebihan uang tunai tersebut untuk diberinvestasi, salah satunya dengan membeli SBI atau Sertifikat Bank Indonesia dengan jangka waktu pelunasan 30 hari, 60 hari, atau 90 hari daripada kelebihan uang tunai tersebut menganggur.

Proses pembelian SBI yaitu pembeli akan memperoleh belahan harga beli (yang disebut diskonto) ketika melaksanakan pembelian SBI.

Jadi, dalam pembelian tersebut pembeli membayar pembelian SBI dengan harga di bawah nilai nominal SBI tersebut, apa itu nilai nominal? nilai nominal ialah nilai yang tercantum dalam surat berharga.

Sesudah itu, ketika jatuh tempo (saatnya Bank Indonesia melaksanakan pelunasan) Bank Indonesia harus melaksanakan pelunasan kepada perusahaan atau forum keuangan pembeli SBI dengan harga sebesar nilai nominal SBI.

Jadi, Pembeli SBI akan memperoleh laba sebesar selisih antara uang pembayaran ketika membeli SBI dengan nilai nominal SBI (yang didapat ketika sudah jatuh tempo).


Adakalanya pembeli memerlukan uang sebelum datang jatuh tempo (waktu pelunasan). Oleh alasannya itu, pembeli SBI tersebut sanggup menjual SBI yang sudah dibelinya kepada pihak lain.

Ilustrasi Transaksi kedua
Apabila terdapat bank atau perusahaan tertentu membutuhkan uang tunai dalam waktu yang mendesak contohnya untuk membayar penghasilan karyawan atau untuk keperluan lain maka bank atau perusahaan tersebut sanggup meminjamnya dari bank lain dengan cara mengeluarkan promes atau aksep yang sudah disahkan oleh bank yang bersangkutan.

kemudian promes atau aksep ini sanggup dijual kepada Ficorinvest, selanjutnya Ficorinvest akan menukarnya dengan Surat berharga pasar uang yang disingkat SBPU.

melaluiataubersamaini demikian dari penjualan promes atau aksep kepada Ficorinvest, bank atau perusahaan yang membutuhkan uang tersebut akan memperoleh sejumlah uang yang diinginkannya.

Selanjutnya Surat berharga pasar uang (SBPU) tersebut sanggup diperjualbelikan dengan menerima laba berupa bunga atau diskonto. Apa itu Ficorinvest? Ficorinvest ialah sebuah forum keuangan yang berfungsi sebagai mediator antara pihak yang mempunyai kelebihan dana dan pihak yang sedang membutuhkan dana.

Tugas Ficorinvest yaitu menyimpan surat-surat berharga yang diperjualbelikan dalam pasar uang. melalui Ficorinvest, pihak yang mempunyai dana yang berlebih akan membeli surat-surat berharga, sedang pihak yang belum sempurnanya dana akan menjual surat-surat berharga.

Hal yang perlu diingat adalah, bahwa tidak tiruana surat berharga harus perjualbelikan melalui Ficorinvest, namun terdapat surat berharga yang sanggup pribadi kepada pihak yang bersangkutan melalui telepon atau lainnya, contohnya call money atau derma sewaktu-waktu.

Demikianlah pembahasan wacana gambaran terjadinya transaksi jual beli di pasar uang, setelah memahami kedua gambaran jual beli surat berharga di pasar uang sebagaimana dijelaskan di atas, maka selanjutnya pahamilah artikel kebaikan dan keburukan pasar uang. Semoga artikel yang anda baca ini sanggup meningkatkan pemahaman anda wacana pasar uang, khususnya terkait ilustrasi transaksi di pasar uang.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Ilustrasi Terjadinya Transaksi Dalam Pasar Uang"