Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membedakan Pernyataan, Kalimat Terbuka Dan Kalimat Tertutup

Matematika yaitu ilmu yang bertujuan untuk mengoptimalkan logika dalam berpikir. Logika dipakai untuk memecahkan permasalahan permasalahan yang ada.

Salah satu dasar dalam logika tersebut yaitu menarik kesimpulan dari beberapa premis. Namun, tentunya anda harus mengenal bekerjsama premis tersebut berisi sebuah kalimat.

Ini bersahabat sekali kaitannya dimana tugas matematika sebagai bahasa universal pengetahuan. Dalam bahasa terdapat kalimat, nah secara matematis; kalimat tersebut dibagi atas,

  1. Kalimat Pernyataan
  2. Kalimat Tertutup
  3. Kalimat terbuka
Bagaimana membedakan antara tiga jenis kalimat tersebut? Itulah yang akan diuraikan pada halaman ini.

Kalimat Pernyataan & Kalimat Tertutup


Pengertian pernyataan dan kalimat tertutup secara logika matematis yaitu kalimat yang sanggup dipastikan nilainya. Nilai kalimat tersebut Benar  atau Salah.

Dengan kata lain, kalimat tersebut pasti. Arti niscaya disini mutlak benar atau mutlak salah. Tidak harus selalu benar.

Sebagai rujukan Pernyataan dan Kalimat tertutup dalam matematika,

  1. Jam Gadang terletak di kota Medan. Kalimat ini bernilai Salah. Karena sesungguhnya Jam Gadang ada di Bukittinggi. Dengan demikian sanggup dikatakan ini yaitu pernyataan atau kalimat tertutup. Sebab, kalimat tersebut mutlak bernilai Salah.
  2. Bapak Jokowi yaitu Presiden Indonesia pada tahun 2014-2019. Kalimat ini bernilai Mutlak benar. Oleh lantaran itu ini sanggup dikatakan sebuah pernyataan.
  3. 3+1= 18. Ini juga termasuk pernyataan. Karena nilai kalimat tersebut mutlak Salah. 

Kalimat Terbuka dalam Matematika

Pengertian kalimat terbuka dalam matematika yaitu kalimat yang tidak sanggup dipastikan nilai kebenarannya. Sederhananya bersifat kondisional. Suatu waktu sanggup benar dan suatu waktu sanggup salah. Inkonsisten atau plin plan dalam bahasa gaulnya.

Jika dibawakan dalam kalimat kalimat matematika, biasanya kalimat terbuka ini berupa persamaan dengan sebuah atau dua variabel. Contoh Kalimat terbuka,
  1. Kalimat tanya, dan kalimat perintah. Contohnya, Apakah nama kau Nur Aini?
  2. x+y= 14. Ini kalimat terbuka, lantaran ini tergantung kita mengambil nilai x dan y berapa. Jika x dan y masing masing 5 dan 6 pernyataan salah. jikalau x dan y masing masing diambil 10 dan 4 maka nilainya benar. Terlihat inkonsistensi nilai kebenaran di sini.


Mencari Penyelesaian Kalimat Terbuka

Penyelesaian dari Kalimat terbuka maksudnya yaitu kita harus menemukan sebuah solusi semoga kalimat tersebut bernilai benar. Sebagai rujukan dalam matematika,

a+2 = 17 (ini yaitu kalimat terbuka)
kita selesaiakan
a+2=17
a=15
Makara penyelesaian dari a+2=17, a=15.

Rata-rata ini dipakai untuk mencari nilai himpunan penyelesaian sebuah persamaan. Untuk sementara, ini anda sudah sanggup bukan memahami arti dan rujukan kalimat terbuka dan kalimat tertutup dalam matematika?

Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Membedakan Pernyataan, Kalimat Terbuka Dan Kalimat Tertutup"