Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Lima Bab Utama Pada Otak?

Otak memiliki lima bab utama, yaitu: otak besar (serebrum), otak tengah (mesensefalon), otak kecil (serebelum), sumsum sambung (medulla oblongata), dan jembatan varol.
1) Otak besar (serebrum)
Otak besar memiliki fungsi dalam pengaturan tiruana acara mental, yaitu yang berkaitan dengan kepandaian (intelegensi), ingatan (memori), kesadaran, dan pertimbangan. Otak besar ialah sumber dari tiruana kegiatan/gerakan sadar atau sesuai dengan kehendak, walaupun ada juga beberapa gerakan refleks otak. Pada bab korteks otak besar yang berwarna kelabu terdapat14 bab peserta rangsang (area sensor) yang terletak di sebelah belakang area motor yang berfungsi mengatur gerakan sadar atau merespon rangsangan. Selain itu terdapat area asosiasi yang menghubungkan area motor dan sensorik. Area ini berperan dalam proses belajar, menyimpan ingatan, membuat kesimpulan, dan mencar ilmu banyak sekali bahasa. Di sekitar kedua area tersebut ialah bab yang mengatur kegiatan psikologi yang lebih tinggi. Misalnya bab depan ialah sentra proses berfikir (yaitu mengingat, analisis, berbicara, kreativitas) dan emosi. Sedangkan bab yang mengatur penglihatan terdapat di bab belakang.

2) Otak tengah (mesensefalon)Otak tengah terletak di depan otak kecil dan jembatan varol. Di depan otak tengah terdapat talamus dan kelenjar hipofisis yang mengatur kerja kelenjar-kelenjar endokrin. Bagian atas (dorsal) otak tengah ialah lobus optikus yang mengatur refleks mata ibarat penyempitan pupil mata, dan juga ialah sentra pendengaran.

3) Otak kecil (serebelum)
Serebelum memiliki fungsi utama dalam koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar, keseimbangan, dan posisi tubuh. Bila ada rangsangan yang merugikan atau berbahaya maka gerakan sadar yang normal mustahil dilaksanakan.

4) Sumsum sambung (medulla oblongata)
Sumsum sambung berfungsi menghantar impuls yang hadir dari medula spinalis menuju ke otak. Sumsum sambung juga mensugesti jembatan, refleks fisiologi ibarat detak jantung, tekanan darah, volume dan kecepatan respirasi, gerak alat pencernaan, dan sekresi kelenjar pencernaan.

Selain itu, sumsum sambung juga mengatur gerak refleks yang lain ibarat bersin, batuk, dan berkedip.

5) Jembatan varol (pons varoli)
Jembatan varol meliputi serabut syaraf yang menghubungkan otak kecil bab kiri dan kanan, juga menghubungkan otak besar dan sumsum tulang belakang. Pada penampang melintang sumsum tulang belakang tampak bab luar berwarna putih, sedangkan bab dalam berbentuk kupu-kupu dan berwarna kelabu. Pada penampang melintang sumsum tulang belakang ada bab ibarat akup yang terbagi atas akup atas disebut tanduk dorsal dan akup bawah disebut tanduk ventral.


Impuls sensori dari reseptor dihantar masuk ke sumsum tulang belakang melalui tanduk dorsal dan impuls motor keluar dari sumsum tulang belakang melalui tanduk ventral menuju efektor. Pada tanduk dorsal terdapat tubuh sel syaraf penghubung (asosiasi konektor) yang akan mendapatkan impuls dari sel syaraf sensori dan akan menghantarkannya ke syaraf motor. Sistem syaraf yang dimiliki binatang tidak sama-beda, semakin tinggi tingkatan binatang semakin kompleks sistem syarafnya. Disebut sebagai suatu sistem, alasannya syaraf terdiri dari atas banyak sekali kesatuan atau unit yang saling diberinteraksi. Pada dasarnya unit-unit tadi disusun oleh satuan terkecil yang disebut sel syaraf (neuron).

Sistem saraf tepi terdiri dari sistem saraf sadar dan sistem saraf tak sadar (sistem saraf otonom). Sistem saraf sadar mengontrol acara yang kerjanya diatur oleh otak, sedangkan saraf otonom mengontrol acara yang tidak sanggup diatur otak antara lain denyut jantung, gerak susukan pencernaan, dan sekresi keringat.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Lima Bab Utama Pada Otak?"