Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Macam-Macam Karakteristik Microphone?

Karakteristik Microphone
Pemahaman wacana tipe atau jenis microphone belum cukup untuk melaksanakan penataan bunyi dengan baik. Penata bunyi wajib mempunyai pemahaman wacana karakteristik microphone. Karakteristik microphone yaitu hal yang berkaitan dengan bentuk fisik, kepekaan, kemampuan arah tangkap, dan kualitas bunyi yang dihasilkan oleh sebuah microphone. Karakteristik dari microphone Antara lain:

a) Omni Directional Microphone
Omni Directional microphone yaitu microphone yang mempunyai tingkat kepekaan terhadap sumber bunyi dari segala arah dengan level sama. Omni directionalmicrophone sangat baik ditempatkan pada area penonton untuk menangkap atmosfir atau suasana yang terjadi seperti, tepuk tangan, dan teriakan penonton. Microphone omni disebut juga microphone tanpa teladan arah, alasannya microphone jenis ini mempunyai kemampuan menangkap bunyi dari segala arah. Jenis microphone ini kurang tepat jikalau dipergunakan spesialuntuk untuk menangkap satu sumber suara. Microphone omni sangat baik untuk wawancara di lapangan. Misalnya aktivitas wawancara di pasar, sehingga bunyi hiruk pikuk pasar terdengar. Disinilah kiprah penata bunyi untuk sanggup menghasilkan olahan bunyi dengan atmosfir atau suasana pasar, akan tetapi bunyi nara sumber tetap menjadi tujuan utama dari wawancara.

b) Bi directional Microphone
Microphone ini mempunyai tingkat kepekaan pada level yang sama dari dua arah. Kebanyakan orang menyampaikan microphone stereo, tetapi bekerjsama bukan demikian. Pengertian stereo sound tidak sama dengan bi directional patern, meskipun microphone ini sanggup menangkap sumber bunyi dari dua arah yang berlawanan.

Kemampuan dua arah dari microphone ini sangat tepat dikala dipergunakan untuk merekam drama radio. Drama radio terkadang pemain tidak spesialuntuk dua orang dantiap pemain mempunyai kemampuan bermain drama dengan level bunyi yang tidak sama. Maka akan menjadi persoalan dikala tiap pemain memakai satu microphone. Semakin banyak memakai microphone semakin kompleks permasalahan yang timbul. melaluiataubersamaini memanfaatkan microphone jenis ini sanggup mengurangi permasalahan tersebut, dimana pemain sanggup saling melihat atau saling berhadapan dan bisa mengontrol tingkat kekerasan suara.

c) Uni Directional Microphone
Microphone yang spesialuntuk mempunyai kepekaan dari satu arah yaitu sumber bunyi yang berada di depan microphone. Microphone jenis ini yaitu microphone yang mempunyai teladan searah dan paling banyak dipergunakan oleh penyiar, wawancara, teater dan sangat baik untuk pertunjukan musik, alasannya sanggup membatasi intervensi bunyi alat musik lain. Untuk pementasan drama di luar ruangan yang memiiki tingkat kebisingan tinggi, sanggup memakai microphone super atau hiper cardioid (shotgun mic) dimana microphone ini mempunyai kepekaan pada sudut yang sempit, sehingga sanggup membatasi suaraberasal dari sudut lain. Sifat umum microphone ini yaitu tidak menentukan sumber suara. Makara segala sesuatu yang menggetarkan udara akan ditangkap oleh microphone sesuai dengan besar-kecil getaran udara serta tingkat sensitivitas dari jenis microphone. Setiap microphone mempunyai kelebihan dan belum sempurnanya, dengan pemahaman ini dibutuhkan penata bunyi bisa memanfaatkan kelebihan dan belum sempurnanya dari aneka macam microphone untuk menghasilkan suatu penataan bunyi yang optimal.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Macam-Macam Karakteristik Microphone?"