Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Struktur Molekul Prostaglandin?

Prostaglandin
Prostaglandin yaitu lipida yang dibangun oleh 20 atom karbon pembentuk rantai utamanya. Prostaglandin yaitu lipida yang mengandung gugus hidroksil (OH) di posisi atom C nomor 11 dan C nomor 15, dan mempunyai ikatan rangkap pada atom C no 13.














Molekul prostaglandin
Prostaglandin dihasilkan oleh jaenteng yang sedang terluka atau sakit yang disintesis dari asam lemak tak jenuh rantai panjang yaitu asam arakidonat. Kehadiran obat penghilang rasa sakit ibarat aspirin sanggup menghambat proses pembentukan molekul ini. Proses pembentukan prostaglandin dari asam arakidonat, ditunjukkan oleh persamaan reaksi di bawah ini.




3). Gliserol
Gliserol yaitu senyawa alkohol yang mempunyai 3 gugus hidroksil. Gliserol mempunyai nama baku 1,2,3- propanatriol. Senyawa ini berwujud cair, tidak berwarna dengan titik didih 290oC. Titik didih tinggi yang dimiliki oleh senyawa dengan bobot molekul 92,09 g/mol ini disebabkan adanya ikatan hidrogen yang sangat berpengaruh antar molekul gliserol. Gliserol yaitu materi baku pembentuk trigliserida, yang sanggup membentuk ikatan ester dengan asam lemak.



4). Trigliserida
Trigliserida yaitu lipida yang mempunyai struktur ester, yang tersusun oleh tiga molekul asam lemak bebas dan satu molekul gliserol ibarat yang ditunjukan pada gambar diberikut.



Reaksi kimia untuk trigliserida pada prinsipnya mempunyai kesamaan dengan senyawa alkena dan ester, contohnya trigliserida sanggup terhidrogenasi oleh gas Hidrogen yang dikatalisis oleh logam nikel atau logam platina, reaksi untuk senyawa tersebut disajikan dalam persamaan reaksi pada gambar diberikut.




Reaksi hidrolisis pada trigliserida akan menghasilkan gliserol dan asam lemak. Reaksi ini sanggup berlangsung dalam suasana asam atau basa atau sanggup pula dengan menolongan enzim. Reaksi hidrolisis dari trigliserida sanggup dilihat pada persamaan di bawah ini




5). Wax
Wax yaitu jenis lipida yang dibuat oleh senyawa asam lemak jenuh dengan alkohol yang mempunyai rantai karbon panjang. Sehingga senyawa ini berbentuk ester. Senyawa ini sanggup diamati pada daun yang mengandung lilin. Fungsi lapisan wax pada daun ini tidak lain untuk mengurangi penguapan, demikian pula yang ditemukan pada permukaan buah.



Senyawa wax yang pertama atau Besswax sanggup ditemukan pada lilin, semir sepatu atau juga dimanfaatkan untuk kertas yang berlilin atau mempunyai permukaan yang licin. Carnauba wax dipergunakan untuk lantai maupun peralatan kayu pelitur, sedangkan Jojoba wax sanggup dipergunakan sebagai materi kosmetika dan juga lilin.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Struktur Molekul Prostaglandin?"