Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaslkan Penjabaran Karbohidrat?

Klasifikasi Karbohidrat
1). Monosakarida: terdiri atas 3-6 atom C dan zat ini tidak sanggup lagi dihidrolisis oleh larutan asam dalam air menjadi karbohidrat yang lebih sederhana. macam-macam monosakarida : triosa (C3), tetrosa (C4), pentosa (C5), heksosa (C6), heptosa (C7).
Triosa : gliserosol, gliseraldehid, dihidroksi aseton
Tetrosa : threosa, eritrosa, selulosa
Pentosa : lyxosa, xilosa, arabinosa, ribosa, ribulosa
Hexosa : galaktosa, glukosa, mannosa, fruktosa
Heptosa : sedoheptulosa

Monosakarida ialah sakarida sederhana yang tidak sanggup dihidrolisis menjadi satuan terkecil walaupun dalam suasana yang lunak sekalipun. Monosakarida paling sederhana yaitu gliseraldehid atau aldotriosa dan isomerinya yaitu dihidroksiaseton atau. Kedua senyawa tersebut ialah suatu triosa alasannya yaitu mengandung tiga atom karbon. Makara suatu monosakarida, tidak spesialuntuk sanggup dibedakan menurut gugus-gugus fungsionalnya melainkan juga dari jumlah atom karbonnya.


Monosakarida yang paling banyak ditemukan dalam badan organisme yaitu monosakarida yang dibangun dengan 6 (enam) atom C yang dikenal sebagai Glukosa. Pada molekul ini terdapat lima gugus hidroksil dan satu gugus aldehid yang terikat pada atom karbon. Glukosa mempunyai dua isomer yaitu manosa dan Galaktosa, perbedaan antara Glukosa dengan Manosa terletak pada gugus hidroksi pada atom C nomor 2. Demikian pula halnya perbedaan antara glukosa dan galaktosa terletak pada gugus hidroksinya, gugus OH disebelah kanan untuk galaktosa sedangkan glukosa terletak disebelah kiri.





Glukosa dengan rumus molekul C6H12O6, yaitu monosakarida yang mengandung enam atom karbon. Glukosa ialah polihidroksi aldehida (memiliki gugus CHO). Lima karbon dan satu oksigennya membentuk siklik yang disebut "cincin piranosa", bentuk siklik ini paling stabil untuk aldosa beratom karbon enam.

Glukosa dengan rumus molekul C6H12O6, yaitu monosakarida yang mengandung enam atom karbon. Glukosa ialah polihidroksi aldehida (memiliki gugus CHO). Lima karbon dan satu oksigennya membentuk siklik yang disebut "cincin piranosa", bentuk siklik ini paling stabil untuk aldosa beratom karbon enam.

2). Disakarida : senyawanya terbentuk dari 2 molekul monosakarida yang sejenis atau tidak. Disakarida sanggup dihidrolisis oleh larutan asam dalam air sehingga terurai menjadi 2 molekul monosakarida.
Sukrosa : glukosa + fruktosa (C 1-2)
Maltose : 2 glukosa (C 1-4)
Trehalosa : 2 glukosa (C1-1)
Laktosa : glukosa + galaktosa (C1-4)

Disakarida yang banyak terdapat di alam ibarat maltosa yang terbentuk dari 2 molekul glukosa melalui ikatan glikosida. Pada maltosa, jembatan oksigen terbentuk antara atom karbon nomor 1 dari D-glukosa dan atom karbon nomor 4 dari D-glukosa lain. Ikatan yang terbentuk dinamakan ikatan α (1 → 4) glikosida, secara lengkap ditetapkan dengan α –D-glukopiranosil (1 → 4) β-D-glukopiranosa. Dalam bentuk sederhana Glc(α1 →4β-Glc.

Maltosa diperoleh dari hasil hidrolisa pati dan banyak dimanfaatkan sebagai pemanis. Sukrosa (gula pasir) terbentuk dari satu molekul α –D  -glukosa dan β-D-fruktosa. Sukrosa biasa diperoleh di alam sebagai gula tebu dan gula bit. Khususnya pada pada ekstrak gula dari bit, sukrosa tidak murni melainkan bercampur dengan oligosakarida yang lain   ibarat rafinosa dan stakiosa. Secara alami, laktosa terdapat pada air susu dan sering disebut dengan gula susu. Molekul ini tersusun dari satu molekul D-glukosa dan satu molekul D-galaktosa melalui ikatan Β(1→4) glikosida. Laktosa yang terfermentasi akan berkembang menjadi asam laktat.



3). Oligosakarida : Senyawa yang terdiri dari adonan molekul- molekul  monosakarida yang banyak adonan dari 3 – 8 monosakarida contohnya maltotriosa dan dektrin.

4). Polisakarida : Senyawa yang terdiri dari adonan molekul- molekul monosakarida yang banyak jumlahnya, senyawa ini sanggup dihidrolisis menjadi banyak molekul monosakarida. Polisakaridaialah jenis karbohidrat yang terdiri dari lebih 6 monosakarida dengan rantai lurus/cabang.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaslkan Penjabaran Karbohidrat?"