Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan : Pengertian Dan Cara Memilih Isotop,Isobar,Isoton Dan Isoelektron


Hello Sobat ! Salam Chemistry !! Pada panduan kali ini kita akan mencar ilmu bagaimana caranya memilih isotop,isobar dan isoton.

Bila kita lihat secara sekilas, Unsur-unsur kimia yang terdapat pada tabel periodik mempunyai jumlah nomor atom dan nomor massa yang tidak sama-beda, selain dari segi jumlah nomor atom dan nomor massa, perbedaan lainya yang sanggup kita lihat yaitu dari segi sifat dan karakteristik yang dimiliki oleh masing - masing unsur tersebut. dari segi sifat , kita sanggup identifikasikan menurut wujud yang dimiliiki oleh suatu unsur dalam suhu kamar ( 25 C ) apakah ia berwujud padat, cair atau gas ? setiap unsur niscaya mempunyai wujud yang tidak sama-beda.

Sekarang kita lihat lagi dari segi karakteristik, dari segi karakteristik kita sanggup identifikasikan menurut titik didih dan titik leleh yang dimiliki oleh suatu unsur, setiap unsur niscaya mempunyai titik didih dan titik leleh yang tidak sama-beda.

Tetapi, meskipun setiap unsur mempunyai jumlah nomor atom dan nomor massa serta sifat dan karakteristik yang tidak sama-beda, ternyata diantara unsur tersebut ada yang mempunyai kesamaan , baik dari segi jumlah nomor atom maupun nomor massanya. Nah, pada panduan ini, kita akan mengulas kesamaan yang dimiliki oleh suatu unsur menurut jumlah nomor atom dan nomor massa yang dimiliki oleh unsur tersebut. So disimak baik-baik ya sob !!

A. Isotop

Isotop yakni "unsur-unsur yang mempunyai jumlah nomor atom yang sama, dan pada unsur yang sama tetapi mempunyai jumlah nomor massa yang tidak sama". jadi sanggup disimpulkan bahwa pada isotop ini, unsur -unsurnya mempunyai kesamaan dalam jumlah nomor atom, tetapi tidak sama dalam jumlah nomor massanya. Berikut ini teladan dari isotop :

 Pada panduan kali ini kita akan mencar ilmu bagaimana caranya memilih isotop Panduan : Pengertian Dan Teknik Menentukan Isotop,Isobar,Isoton dan Isoelektron

 Pada panduan kali ini kita akan mencar ilmu bagaimana caranya memilih isotop Panduan : Pengertian Dan Teknik Menentukan Isotop,Isobar,Isoton dan Isoelektron

B. Isobar

Isobar yakni kebalikan dari isotop , pengertianya yaitu "unsur-unsur yang mempunyai jumlah nomor atom yang tidak sama dan pada unsur yang tidak sama tetapi mempunyai jumlah nomor massa yang sama". jadi sanggup disimpulkan bahwa pada isobar ini unsur-unsurnya mempunyai kesamaan dalam jumlah nomor massa, tetapi tidak sama dalam jumlah nomor atomnya. diberikut ini teladan dari isobar :




C. Isoton

Isoton yakni unsur-unsur yang mempunyai nomor atom yang tidak sama dan jumlah nomor massa yang tidak sama serta pada unsur yang tidak sama. Loh jadi yang sama apa mas dennis ? yang sama yakni jumlah neutronya yang sanggup kita cari dengan cara mengurangi nomor massa dengan nomor atom.Berikut ini teladan dari isoton :




D. Isoelektron

Isoelektron yakni unsur-unsur yang mempunyai kesamaan dalam jumlah elektron. Berikut ini teladan dari isoelektron :



Ok, begitulah klarifikasi terkena isotop, isobar, isoton,dan isoelektron. kini kita masuk ke teladan soal  untuk memilih isotop,isobar dan isoton dari suatu unsur !

Tentukanlah Isotop,Isobar dan Isoton dari unsur dibawah ini !



Pertama,kita cari isotopnya, ingat rumus ASUS ( nomor Atom Sama Unsur Sama ) sehingga unsur-unsur yang yakni isotop yakni :


Sekarang kita cari isobarnya, ingat rumus MAS ( Nomor Massa Atom Sama ) ! Sehingga unsur-unsur yang yakni isobar yakni :



Terakhir kita cari isotonnya, ingat ! isoton yakni unsur-unsur yang mempunyai jumlah neutron yang sama, sehingga unsur-unsur yang yakni isoton yakni :



Ok, demikianlah panduan mas dennis terkena cara memilih Isotop , Isobar , Dan Isoton serta Isoelektron, Semoga bermanfaa bagi teman erat atau adik-adik tiruana ! Terima Kasih ! Dan Salam CHEMISTRY !!!


Sumber http://www.panduankimia.net

Post a Comment for "Panduan : Pengertian Dan Cara Memilih Isotop,Isobar,Isoton Dan Isoelektron"