Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Macam-Macam Jenis Serta Teladan Neraca Pembayaran Perdagangan Internasional

Berikut ini akan kita bahas terkena neraca pembayaran, neraca pembayaran internasional, neraca, pengertian neraca pembayaran, pengertian neraca perdagangan, neraca perdagangan, neraca perdagangan internasional, jenis jenis neraca pembayaran, macam macam neraca perdagangan, neraca jasa, pengertian neraca jasa, neraca modal, referensi neraca pembayaran, referensi neraca pembayaran internasional.

Neraca Pembayaran (Balance Of Payment)

Neraca pembayaran ialah suatu neraca pembukuan yang mengatakan nilai aneka macam jenis transaksi keuangan/ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain dalam kurun waktu satu tahun yang ditetapkan dalam uang.
Neraca pembayaran terdiri dari dua bab yaitu bab pasiva dan aktiva. Bagian pasiva atau debet (-) mencatat transaksi-transaksi yang menyebabkan negara melaksanakan pembayaran ke negara lain. 

Sedangkan bab aktiva atau kredit (+) mencatat transaksi-transaksi yang menyebabkan negara mendapatkan pembayaran dari negara lain.

misal Neraca Pembayaran Secara Sederhana
 Berikut ini akan kita bahas terkena neraca pembayaran Pengertian, Macam-Macam Jenis Serta misal Neraca Pembayaran Perdagangan Internasional

Neraca pembayaran intinya terdiri atas lima neraca bab yang saling berhubungan, kelima neraca itu ialah sebagai diberikut.

1. Neraca Perdagangan (Balance of Trade)

Neraca perdagangan ialah daftar atau neraca yang meliputi perbandingan antara besarnya nilai ekspor dengan nilai impor suatu negara dalam dalam jangka waktu 1 tahun.
Apabila nilai ekspor lebih besar dari impor maka negara mengalami surplus dalam neraca perdagangan. 

Tetapi kalau nilai ekspor lebih kecil daripada impor maka negara mengalami defisit dalam neraca perdagangan. 

Neraca perdagangan surplus disebut juga neraca perdagangan aktif. Sedangkan neraca perdagangan defisit disebut juga neraca perdagangan pasif.

2. Neraca Jasa

Neraca jasa ialah neraca yang mencatat transaksi jasa yang diselenggarakan dan diterima suatu negara terhadap negara lain selama jangka waktu 1 tahun. Misalnya jasa pengangkutan, asuransi, pariwisata, jasa perdagangan, dan jasa perbankan.

3. Neraca Hasil Modal

Neraca hasil modal ialah neraca yang mencatat tiruana pembayaran dan penerimaan bunga, deviden, upah tenaga asing, serta hadiah-hadiah dari luar negeri.

4. Neraca Lalu Lintas Modal (Capital Account)

Neraca kemudian lintas modal ialah neraca yang mencatat segala kredit atau sumbangan dari luar negeri dan segala kredit/pinjaman yang didiberikan kepada negara lain. 

Dalam neraca ini juga dicatat jual beli efek, penanaman modal asing, menolongan luar negeri, serta pembayaran utang luar negeri.

5. Neraca Lalu Lintas Moneter (Monetery Account)

Neraca kemudian lintas moneter ialah neraca yang mencatat dan menunjukkan perkembangan/perubahan cadangan devisa suatu negara. Cadangan tersebut terdiri dari emas dan devisa.



Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian, Macam-Macam Jenis Serta Teladan Neraca Pembayaran Perdagangan Internasional"