Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Circi-Circi Pemerintahan Yang Terbuka?

Pemerintahan yang terbuka paling tidak mempunyai empat ciri sebagai diberikut.
 

a. Pemerintah menyediakan banyak sekali isu faktual terkena kebijakan-kebijakan yang akan dan sudah dibuatnya. Informasi faktual tersebut mencakup dasar-dasar yang mendukung kebijakan tersebut, efek yang muncul dari kebijakan tersebut, biaya (secara ekonomi, sosial, maupun politik) yang harus ditanggung akhir adanya kebijakan tersebut, apa saja yang menjadi hukum pelaksanaan dari kebijakan tersebut, di mana banyak sekali isu itu sanggup diperoleh, dan sebagainya.

b. Adanya peluang bagi publik dan pers untuk mendapat atau mengakses banyak sekali dokumen pemerintah. Akses itu sanggup dilakukan baik secara langsung  maupun tidak eksklusif (misal, melalui parlemen). Akses tersebut termasuk banyak sekali arsip pribadi terkena individu-individu yang menduduki banyak sekali jabatan pemerintahan atau publik.

c. Terbukanya rapat-rapat pemerintah bagi publik dan pers. Hal ini termasuk pula rapat-rapat tubuh legislatif beserta banyak sekali komisi dan alat kelengkapan lainnya, serta notulen rapat-rapat forum pemerintahan dan rapat-rapat pemerintah daerah.

d. Adanya konsultasi publik yang dilakukan secara sistematik oleh pemerintah. Konsultasi publik itu terutama terkena banyak sekali kepentingan yang berkaitan dengan perumusan dan pelaksanaan kebijakan. Termasuk dalam hal itu, publikasi terkena banyak sekali isu dan pesan yang tersirat yang diterima oleh pemerintah.

Meskipun demikian, prinsip terkena pemerintahan yang terbuka tidak serta merta membolehkan publik sanggup mengakses isu terkena penyelenggaraan pemerintahan tanpa batas. Dalam pemerintahan yang terbuka juga ada kekecualian kebebasan isu atau batas-batas keterbukaan. Artinya, ada informasiinformasi tertentu tentang penyelenggaraan pemerintahan yang boleh dirahasiakan oleh pemerintah, sehingga tidak perlu dipublikasikan. Batas-batas keterbukaan tersebut harus ditentukan oleh forum legislatif dalam bentuk perundang-undangan. Namun demikian, penafsiran atas hal-hal yang belum atau tidak terang dalam perundang-undangan tersebut yaitu hak forum pengadilan, bukan hak pemerintah itu sendiri. Oleh alasannya itu, untuk mempersembahkan
akses isu publik, Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia tetapkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Circi-Circi Pemerintahan Yang Terbuka?"