Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Suatu Benda?

Faktor-faktor Penyebab Perubahan Benda
Suatu benda sanggup mengalami perubahan. Ada yang berubah bentuknya. Ada yang berubah warnanya. Ada juga yang berubah kekerasannya.
Beberapa faktor tersebut ialah pemanasan, pendinginan, pembakaran, dan pencampuran

1.pemanasan
lilin akan mencairKetika digerahkan, . Pemanasan akan mengubah wujud lilin dari padat menjadi cair. Perubahan itu spesialuntuk berlangsung sementara. Ketika didinginkan, lelehan lilin tadi akan memadat kembali.Es kerikil yang didiamkan di udara terbuka akan mencair. Es kerikil sanggup menyerap gerah dari sekelilingnya sehingga mencair. Pemanasan menjadikan benda mengalami perubahan wujud. Benda padat sanggup menjelma cair. Benda cair sanggup menjelma gas

2. Pendinginan
bila air disimpan di dalam freezer Air akan membeku dan menjelma es batu. Uap air yang mengalami pendinginan sanggup menjelma titik-titik air kembali.
Pendinginan menjadikan benda mengalami perubahan wujud. Air menjelma es. Uap air berubah kembali menjadi air. Air sanggup berada dalam tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Perubahan wujud dari es - air - uap air - air - kembali lagi ke es ialah perubahan wujud bolak-balik.




3. Pembakaran
sesudah dibakar? Kertas yang tiruanla berwarna putih menjadi hitam. Kertas yang tadinya sanggup ditulisi dan dilipatlipat menjadi hancur menyerupai debu. Akibatnya, kertas tidak sanggup lagi digunakan. Bau kertas juga tidak sama dengan wangi abu. Demikian juga dengan karet yang dibakar. Ketika dibakar, warna karet menjelma hitam. Sifatnya yang elastis juga menjelma keras. Dari pembakaran itu juga timbul wangi menyengat.

4. Pencampuran

campuran tepung kanji dan air  Semula, tepung kanji berwarna putih, kering, dan berupa butiran
halus. Sesudah dicampur air dan dimasak, adonan itu akan menjadi bubur dan lengket. Jika tidak terlalu kental, adonan bubur itu sanggup dimakan. Campuran itu juga sanggup dimanfaatkan sebagai lem.



Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Suatu Benda?"