Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Pembuatan Gerabah

Teknik Pembuatan Gerabah
Bahan dasar yang dipakai untuk membuat gerabah ialah tanah liat. Sebelum dibuat gerabah, tanah liat tersebut diproses terlebih lampau dalam beberapa tahapan. Selain itu, ada juga materi perhiasan lain, yaitu kaolin. Tanah liat yang sudah siap lalu dibuat dengan tangan pribadi atau memakai alat putar.

1. Teknik Lempeng (Slabing)
Teknik lempeng (slabing) ialah metode yang dipakai untuk membuat benda gerabah berbentuk kubistis dengan permukaan rata. Teknik ini diawali dengan pembuatan lempengan tanah liat dengan memakai rol kayu penggilas. Sesudah menjadi lempengan dengan ketebalan
yang sama, engkau sanggup memotong dengan  pisau atau kawat sesuai dengan ukuran
yang engkau inginkan. Selanjutnya, engkau sanggup membuat menjadi bentuk kubus atau persegi. Kemudian, tahap simpulan didiberi hiasan dengan cara ditoreh pada dikala tanah setengah kering.

 
 











2. Teknik Pijat (Pinching)
Teknik pijat (pinching) ialah metode membuat keramik dengan cara memijat tanah liat pribadi memakai tangan. Tujuan dari penerapan metode ini ialah semoga tanah liat lebih padat
dan tidak praktis mengelupas sehingga alhasil akan tahan lama. Proses pijat sanggup dilakukan dengan cara sebagai diberikut.
a. Ambil segumpal tanah liat plastis.
b. Tanah liat tersebut diulet-ulet dan dipijitpijit dengan ibu jari sambil dibuat sesuai dengan bentuk benda yang dinginkan.
c. Haluskan memakai kuas atau kain halus.

3. Teknik Pilin (Coiling)
Teknik pilin (coiling) ialah cara membentuk tanah liat dengan bentuk dasar tanah liat yang dipilin atau dibuat menyerupai tali. Teknik melaksanakan metode ini ialah segumpal tanah liat dibuat pilinan
dengan kedua telapak tangan. Ukuran tiap pilinan diubahsuaikan dengan ukuran yang
engkau inginkan. Panjangnya pilinan juga diubahsuaikan dengan kebutuhan. Kemudian,
pilinan tanah liat tersebut engkau susun secara melingkar sehingga menjadi bentuk yang
engkau inginkan. Jangan lupa tiap susunan ditekan dan menambahkan air supaya menempel.

4. Teknik Putar (Throwing)
Untuk membuat gerabah dengan metode putar (throwing), engkau memerlukan alat menolong berupa subang pelarik atau alat putar elektrik. Teknik melaksanakan metode ini ialah dengan mengambil segumpal tanah liat yang plastis dan lumat. Sesudah itu, taruhlah tanah liat di atas meja putar sempurna di tengahtengahnya.
Lalu, tekan tanah liat dengan kedua tangan sambil diputar. Bentuk tanah liat sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Teknik putar umumnya menghasilkan benda berbentuk bundar atau silindris.

5.Teknik Cetak Tekan (Press)
Teknik cetak tekan dilakukan dengan menekan tanah liat yang bentuknya diubahsuaikan dengan cetakan. Teknik ini dilakukan untuk mendapat hasil dengan waktu yang cepat.

6.Teknik Cor atau Tuang
Teknik cor atau tuang dipakai untuk membuat gerabah dengan memakai teladan alat cetak. Tanah liat yang dipakai untuk metode ini ialah tanah liat cair. Cetakan ini biasanya terbuat dari gips. Bahan gips dipakai alasannya ialah gips sanggup menyerap air lebih cepat sehingga tanah liat menjadi cepat kering.




Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Teknik Pembuatan Gerabah"