Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Klasifikasi Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Berdasarkan Para Andal Menyerupai Emile Durkheim, Ferdinand Toennies, Charles H Cooley, Ellsworth Farris Dan W G Sumner

Berikut ini akan kita bahas bahan terkena kelompok sosial, pembagian terstruktur mengenai kelompok sosial, pembagian terstruktur mengenai kelompok sosial berdasarkan para ahli, kelompok sosial berdasarkan emile durkheim, kelompok sosial dalam masyarakat, pembagian terstruktur mengenai kelompok sosial berdasarkan emile durkheim, pembagian terstruktur mengenai kelompok sosial berdasarkan charles h cooley, pembagian terstruktur mengenai kelompok sosial berdasarkan wg sumner.

Klasifikasi Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Beberapa jago sosiologi juga mengklasifikasikan kelompok sosial ke dalam beberapa jenis sebagai diberikut.


Klasifikasi Kelompok Sosial Menurut Emille Durkheim

Emille Durkheim membagi kelompok sosial yang didasarkan pada Solidaritas Mekanik dan Solidaritas Organik. Solidaritas mekanik ialah ciri dari masyarakat yang sederhana dan belum mengenal adanya dukungan kerja. 

Tiap-tiap kelompok sanggup memenuhi keperluan mereka sendiri tanpa memerlukan menolongan atau kolaborasi dengan kelompok di luarnya. Pada masyarakat dengan solidaritas mekanik, yang diutamakan yaitu persamaan sikap dan sikap. 

Kesadaran kolektif menjadi dasar ikatan seluruh masyarakat masyarakat, yaitu suatu kesadaran bersama yang mencakup beberapa aspek keseluruhan iktikad dan perasaan kelompok yang ada di luar masyarakat dan bersifat memaksa. 

Solidaritas organik ialah bentuk solidaritas yang mengikat masyarakat yang sudah mengenal adanya dukungan kerja (masyarakat kompleks) sehingga unsur-unsur di dalam masyarakat tersebut saling bergantung. 

Pada masyarakat dengan solidaritas organik, ikatan utama yang mempersatukan masyarakat yaitu komitmen yang terjalin di antara aneka macam profesi.


Klasifikasi Kelompok Sosial Menurut Ferdinand Toennies 

Ferdinand Toennies memdiberi klarifikasi bahwa kelompok di dalam masyarakat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gemeinschaft dan gesselschaft. 

Gemeinschaft atau paguyuban yaitu kehidupan bersama yang anggota-anggotanya diikat oleh korelasi batin yang murni, alamiah, dan abadi. misalnya, keluarga dan rukun tetangga.

Adapun gesselschaft atau patembayan yaitu ikatan lahir yang bersifat pokok untuk jangka waktu yang pendek dan dinamis. misalnya, ikatan antara pedagang dan pembeli atau organisasi buruh dalam suatu pabrik.


Klasifikasi Kelompok Sosial Menurut Charles H. Cooley dan Ellsworth Farris 

Charles H. Cooley dan Ellsworth Farris beropini bahwa di dalam masyarakat terdapat kelompok primer yang ditandai dengan korelasi antaranggotanya berlangsung secara bertatap muka, saling mengenal, mesra dan akrab, kolaborasi yang erat dan bersifat pribadi. 

Ruang lingkup terpenting kelompok ini yaitu keluarga, mitra sepermainan, rukun tetangga. Pergaulan yang intim ini menghasilkan keterpaduan indvidu dalam satu kesatuan yang membuat seseorang hidup dan mempunyai tujuan kelompok bersama.


Klasifikasi Kelompok Sosial Menurut W.G. Sumner 

W.G. Sumner membagi kelompok menjadi dua yaitu in-group (kelompok dalam) dan out-group (kelompok luar). Kelompok sosial yang individu mengidentifikasi dirinya ialah in-group-nya dalam kelompok tersebut. 

Adapun out-group diartikan oleh individu sebagai kelompok yang menjadi lawan in-group-nya. Sikap ingroup biasanya didasarkan pada faktor simpati, kedekatan dengan anggota kelompok, kerja sama, keteraturan, dan kedamaian. 

Sikap out-group selalu ditandai dengan suatu kelainan yang berwujud antagonisme atau antipati. Jika kelompok dalam bekerjasama dengan kelompok luar maka terjadi rasa kebencian, permusuhan, perang atau perampokan. 

Rasa kebencian ini terus diwariskan sampai membentuk perasaan kelompok dalam (in-group feeling). Anggota kelompok dalam menganggap kelompok mereka sendiri sebagai sentra segalanya (etnosentris). Kajian Sumner tersebut sanggup dijelaskan dalam duduk kasus tawuran antarsiswa. 

Di kalangan siswa dari suatu sekolah sanggup muncul in group feeling yang besar lengan berkuasa dan terwujud dalam rasa solidaritas, kesetiaan, dan pengorbanan. 

Perasaan tersebut memunculkan etnosentrisme sehingga mereka memandang siswa dari sekolah lain dengan penuh rasa permusuhan yang terus diwariskan ke adik kelasnya.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Klasifikasi Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Berdasarkan Para Andal Menyerupai Emile Durkheim, Ferdinand Toennies, Charles H Cooley, Ellsworth Farris Dan W G Sumner"