Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Pola Kelompok Primer (Primary Group) Dan Kelompok Sekunder (Secondary Group) Dalam Pembagian Terstruktur Mengenai Kelompok Sosial Teratur

Kali ini kita akan mengulas terkena kelompok sosial, kelompok sosial teratur, kelompok primer, primary group, pengertian kelompok primer, pengertian kelompok sekunder, kelompok sekunder, secondary group, kelompok sosial dalam masyarakat multikultural, pola kelompok primer, pola kelompok sekunder.


Pengertian Kelompok Primer (Primary Group) dan Kelompok Sekunder (Secondary Group)

Kelompok primer (primary group) yaitu kesatuan hidup insan yang ditandai dengan relasi antaranggotanya yang berlangsung secara tatap muka, saling mengenal, mesra dan akrab, kolaborasi yang erat dan bersifat pribadi. 
Faktor-faktor yang memungkinkan relasi insan dalam suatu kelompok berlangsung secara bersahabat dan mesra di antaranya sebagai diberikut.
  1. Jumlah anggota relatif kecil sehingga mereka saling mengenal kepribadian masing-masing.
  2. Adanya rasa solidaritas yang tinggi di antara anggota-anggotanya. Mereka merasa mempunyai kepentingan yang sama, memegang nilai-nilai budaya yang sama, berasal dari keturunan yang sama.
  3. Merasa mempunyai nasib yang sama lantaran pengalaman sejarah yang sama. misalnya, kelompok primer, yaitu keluarga beserta kerabatnya.
Kelompok sekunder (secondary group) yaitu kelompok yang relasi antaranggotanya kurang akrab, renggang bahkan tidak saling mengenal. 
Dalam kehidupan masyarakat setiap orang pada umumnya mempunyai dua keanggotaan sekaligus. Selain sebagai anggota kelompok primer, beliau juga sebagai anggota kelompok sekunder. 

Faktor yang mengakibatkan terbentuknya kelompok sekunder yaitu hasrat dan kebutuhan hidup. Hasrat dan kebutuhan hidup itulah yang mendorong insan untuk hidup berkelompok. 

Manusia ialah makhluk yang selalu ingin hidup bersama dan mustahil sanggup bertahan hidup tanpa insan lain. 

Pada ketika suatu kebutuhan tidak sanggup dipenuhi oleh diri sendiri atau kelompoknya (primer), insan akan membentuk atau memasuki kelompok sekunder. 

Manusia sebagai pribadi dalam kelompok sekunder kurang menerima perhatian lantaran yang menjadi sentra perhatian yaitu kiprah dan prestasi kerja. 

misalnya, dalam sebuah perusahaan, aspek yang dihargai dari seseorang yaitu kepandaian, keterampilan, keluwesan bekerja sama, dan kepemimpinannya. 

Demi efisiensi, prinsip utamanya yaitu menempatkan seseorang untuk melaksanakan suatu jenis pekerjaan sesuai dengan keahliannya.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Pola Kelompok Primer (Primary Group) Dan Kelompok Sekunder (Secondary Group) Dalam Pembagian Terstruktur Mengenai Kelompok Sosial Teratur"