Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tarian Khas, Seni Dan Alat Musik Tradisional Dalam Kesenian Etika Suku Batak

Berikut ini akan kita bahas terkena suku batak, kesenian suku batak, kesenian batak, tarian batak, tari tor tor, gondang batak, tortor batak, tari tor tor berasal dari, tarian suku batak, tarian tabiat batak, tari tor tor batak, tarian khas batak, seni musik suku batak, alat musik tradisional batak.

Seni Pertunjukan Masyarakat Suku Batak

Seni pertunjukan yang berkembang dalam masyarakat tabiat suku bangsa Batak mencakup seni tari dan
seni musik.

Seni Tari

Masyarakat tabiat suku bangsa Batak mempunyai seni tari khas, yaitu tari tor-tor. Keunikan tari tor-tor ialah gerakan-gerakan yang khas pada anggota-anggota tubuh tertentu yang mempunyai makna tertentu pula. 
 Berikut ini akan kita bahas terkena suku batak Tarian Khas, Seni dan Alat Musik Tradisional Dalam Kesenian Adat Suku Batak
Tari Tor-Tor
Berdasarkan gerakan anggota tubuh atau lenggak-lenggoknya, tari tor-tor dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu sebagai diberikut.
  1. Hapunana ialah anggota tubuh yang bergerak spesialuntuk wajah.
  2. Siangkupna ialah anggota tubuh yang bergerak spesialuntuk leher.
  3. Pengeal ialah anggota tubuh yang bergerak spesialuntuk pinggang, dan tulang punggung hingga bahu.
  4. Pangurdot ialah anggota tubuh yang bergerak spesialuntuk kaki, tumit, hingga bahu.
  5. Pandenggal ialah anggota tubuh yang bergerak spesialuntuk lengan, telapak tangan hingga jari-jari tangan.
Tari tor-tor biasanya dibawakan oleh laki-laki maupun perempuan dengan diiringi seperangkat alat musik tradisional Batak. Berbagai macam tari tor-tor sebagai diberikut.
  1. Tor-tor gondang mula-mula ialah tarian tor-tor dengan gerakan menyembah sambil berputar di tempat. Tarian ini mengandung makna semoga awal dari setiap pekerjaan diperlukan berhasil dengan baik.
  2. Tor-tor gondang somba-somba ialah tarian tortor dengan gerakan tangan menyembah. Gerakan ini mengandung arti memohon izin dan doa restu kepada khalayak umum.
  3. Tor-tor gondang mangido pasu-pasu ialah tarian tor-tor dengan gerakan tangan menari. Gerakan ini mengandung makna petuah, nasihat, amanat serta petunjuk dari orang renta untuk membawa kebahagiaan dan kesejahteraan.
  4. Tor-tor gondang liat-liat ialah tarian tor-tor dengan gerakan menari berkeliling dalam bundar dengan maksud semoga tiruana anggota keluarga menerima kebahagiaan.
  5. Tor-tor gondang hasahatan ialah tarian tor-tor dengan gerakan menari di tempat. Hal itu mengandung makna semoga petuah yang sudah disampaikan menerima restu dan berkat dari Tuhan Yang Maha Esa.

Seni Musik

Musik tradisional tabiat suku bangsa Batak berupa seperangkat instrumen yang disebut Ogung sabangunan. Alat musik tersebut terdiri atas:
  1. empat buah gendang (ogung),
  2. enam buah tagaining, sejenis gamelan Batak, lima buah berukuran besar dan sebuah berukuran kecil,
  3. satu buah sarune, sejenis alat tiup, dan
  4. sebuah hesek.
Gendang atau ogung mempunyai nama tertentu, contohnya oloan, ihutan, doal dan jeret. Seperangkat alat musik tersebut dimainkan secara sekaligus dan teratur sesuai dengan birama yang sudah ditentukan, sehingga menghasilkan musik yang indah dan khas. Alat musik tersebut dimainkan untuk mengiringi tari tor-tor. 

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Tarian Khas, Seni Dan Alat Musik Tradisional Dalam Kesenian Etika Suku Batak"