Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Puisi Yang Baik Dan Benar

Cara Menulis Puisi - Apakah ada diantara sahabat semua yang hobi menulis puisi? Tentunya jikalau kita berbicara puisi niscaya tidak akan jauh dari problem menulis. Menulis puisi sendiri dipercaya sangat efektif dalam menyebarkan kecerdasan kita dalam berbahasa. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memperlihatkan isyarat wacana cara menulis puisi yang baik dan benar. Dengan impian biar sahabat semua dapat lebih memahami dan lebih tertata dalam menulis puisi.

Berikut yakni langkah langkah yang memudahkan kita dalam menulis atau menciptakan puisi :


Tentukanlah pengalaman yang paling menarik yang dapat ditulis menjadi puisi. Tuliskanlah pengalaman dalam baris baris puisi dengan memakai kata kata yang padat kata kata bermakna kias atau konotatif yang dapat menjadi simbol atau lambang dari hal hal yang diceritakan dalam puisi tersebut.

Berlatihlah terus menerus untuk menulis puisi yang baik, dapat pada waktu senggang ataupun ketika di sekolah ketika jam pelajaran kosong atau jam istirahat. Dengan banyak berlatih maka sahabat akan lebih jago dan tidak kaku dalam menulis kata-kata maupun bait demi bait.





Renungkanlah dengan hati dan perasaan yang sesungguhnya. Karena dengan perasaan yang sedang kita alami, puisi akan lebih terlihat menjiwai ketika dibaca. Tidak perlu memikirkan hal-hal yang sulit untuk mengambil kata demi kata. Mulailah dari perasaan diri kita sendiri yang sedang kita alami. Dengan menyerupai itu kita lebih gampang menemukan tema dan judul puisi yang akan kita tulis.

Setelah semuanya dinilai cukup baik dan pantas untuk dibaca oleh orang lain, maka jangan pernah sungkan untuk  mempublikasikannya pada isi majalah dinding atau mengirimkannya media umum ataupun layanan online lainnya. Siapa tahu sehabis kita  mempublikasikannya, puisi-puisi kita jadi populer bahkan sangat bermanfaat untuk orang lain dalam acara membaca, terlebih jikalau ada perlombaan atau event-event khusus dalam menulis. Maka saya sarankan jangan pernah takut dan aib untuk menulis puisi, mulailah dari hal terkecil dan jangan pernah merasa bahwa goresan pena atau puisi yang kita buat kurang memuaskan. Percaya diri dan tekun yakni kuncinya.

Semoga dengan adanya postingan belajar menulis puisi ini sahabat dapat lebih tekun dalam menulis puisi, lebih menghayati isi puisi, lebih percaya diri dalam menciptakan puisi.

Jangan lupa baca juga teori puisi lainnya.

Sumber http://www.satubahasa.com

Post a Comment for "Cara Menulis Puisi Yang Baik Dan Benar"