Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Kalimat Beragam Lengkap [Setara, Bertingkat Dan Campuran]

Kalimat Majemuk – Setelah kita berguru ihwal kalimat aktif dan pasif pada postingan sebelumnya sekarang kita berlanjut pada pembelajaran kalimat selanjutnya yaitu kalimat majemuk, bagi anda yang sedang mencari pengertian dan contoh-contoh dari kalimat beragam maka pada kesempatan kali ini satubahasa akan menerangkannya melalui beberapa teori ihwal kalimat beragam di bawah ini.

Macam – Macam Jenis Kalimat Majemuk

Kalimat Majemuk Setara

Kalimat beragam setara ialah gabungan dua kalimat atau lebih yang kedudukannya setara atau sederajat. Kalimat beragam setara sanggup dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu:

-    Kalimat beragam setara korelasi penjumlahan

Kalimat beragam setara korelasi penjumlahan ini mempunyai dua subjek, dua predikat dan dua objek sehingga disebut kalimat beragam setara dengan konjungsi atau kata penghubung dan, serta, lagi, yaitu. Contoh:
Harimau sumatra dilestarikan dan kehidupannya dilindungi pemerintah.

-    Kalimat beragam setara korelasi perlawanan

Kalimat mejemuk setara korelasi perlawanan ialah kalimat beragam setara yang ditandai oleh kata penghubung tetapi, melainkan, padahal, sedangkan.

 Setelah kita berguru ihwal kalimat aktif dan pasif pada postingan sebelumnya sekarang kita  Contoh Kalimat Majemuk Lengkap [Setara, Bertingkat dan Campuran]
Contoh dan Macam Macam Kalimat Majemuk Lengkap dengan Penjelasan dan Pengertiannya

Kalimat Majemuk Bertingkat

Kalimat beragam bertingkat sanggup terbentuk kalau korelasi kedua kalimat itu tidak sederajat. Artinya, salah satu bab kalimatnya menduduki fungsi yang lebih tinggi. Bagian yang lebih tinggi disebut induk kalimat sedangkan bab yang lebih rendah disebut anak kalimat.
Contoh:
Induk kalimat : selang beberapa detik masuklah mereka. (selang beberapa detik = induk kalimat)
Kalimat Majemuk Campuran
Kalimat beragam adonan merupakan gabungan antara kalimat beragam setara dan kalimat beragam bertingkat. Kalimat beragam adonan juga sanggup bervariasi alasannya ialah adanya pengembangan unsur-unsur kalimatnya.
Ciri-ciri kalimat beragam adonan :
-    Terdiri atas tiga atau lebih pola kalimat atau klausa.
-    Mengandung klausa yang mempunyai korelasi setara dan bertingkat.
-    Contoh susunan kalimatnya biasanya S - P – O –S-P-O.

Itulah klarifikasi secara singkat dengan teladan yang singkat pula ihwal kalimat majemuk yang biar saja sanggup membantu anda dalam memahami dan berguru ihwal macam-macam kalimat. Kurang lebihnya mohon maaf dan selamat belajar.

Sumber http://www.satubahasa.com

Post a Comment for "Contoh Kalimat Beragam Lengkap [Setara, Bertingkat Dan Campuran]"