Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menuntaskan Limit Dengan Metode Numerik

Penggunaan metode numerik dalam penghitungan limit ini tak terlepas dari subtitusi. Caranya cukup sederhana, kita akan ambil beberapa angka yang mendekati x dari kiri dan dari kanan.

Anda dapat perhatikan referensi di bawah ini,
Misalkan diketahui fungsi f(x) = x-1. Kita akan tentukan nilai limit untuk x mendekati 3.

Pembahasan:

Berdasarkan soal diatas kita dapat tulis dalam notasi limit: $$\displaystyle \lim_{x \to 3 } (x - 1) =...$$ Selanjutnya kita akan buat tabel nilai-nilai yang akan kita ambil.
Bagian yang berwarna kuning yakni pendekatan limit dari kiri. Sementara bab yang berwarna biru yakni pendekatan nilai limit dari kanan. Jika diambil angka dengan dengan desimal yang lebih banyak (misalnya: 2,999 dan 3,09999) maka nilai tersebut semakin mendekati angka 2. dengan Demikian kita dapat katankan bekerjsama nilai dari $$\displaystyle \lim_{x \to 3 } (x - 1) =2$$
Dengan metode numerik ini saat menuntaskan soal-soal limit akan memakan waktu yang lama. Bisa terbayangkan kita harus menghitung setiap beberapa nilai dari bab kiri dan kanan fungsi. Agar lebih praktis kita dapat gunakan metode subtitusi dan silakan Lanjutkan Membaca: Penyelesaian Limit dengan Metode Subtitusi.

Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Cara Menuntaskan Limit Dengan Metode Numerik"