Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Dan Pembahasan Mencari Asimtot Miring

Asimtot ialah garis dimana sebuah kurva akan mendekati nilai garis tersebut. Namun kurva tak akan pernah memotong ataupun menyinggung garis tersebut. Lebih lanjut mengenai asimtot sanggup dibaca pada artikel terkait mengenai asimtot yang sanggup dilihat pada daftar isi blog ini atau mencari pada kotak pencarian. Untuk ketika ini akan dibahas mengenai cara mencari asimtot miring.
Diketahui fungsi  f(x) = ( 2x2 - 3x -1) / (x-2). Tentukan persamaan garis asimtot fungsi tersebut.

Cara mencari persamaan garis asimtot miring yaitu dengan membagi terlebih dahulu fungsi tersebut. Ingat sebenarnya sebuah fungsi mempunyai asimtot bila dalam bentuk penggalan atau :
Untuk menyelesaiakan soal di atas pertama silahkan dibagi terlebih dahulu pembilang dan penyebut. Tak problem bila di dapatkan ada sisa. Setelah di bagi, akan didapatkan hasil dengan sisa 1. Sehingga sanggup ditulis menjadi,

Hasil bagi ( 2x+1) ialah asimtot miring atau persaman garis asimtot miring. Cukup gampang bukan? Untuk pembuktian lebih lanjut, mari bila fungsi tersebut digambarkan akan berbentuk:
Asimtot ialah garis dimana sebuah kurva akan mendekati nilai garis tersebut Contoh Soal dan Pembahasan Mencari Asimtot Miring

Bagian garis miring yang berwarna merah itu ialah asimtot. Kurva yang dibentuk tak pernah memotong ataupun menyinggung kurva tersebut. Jika dicari persamaan garis tersebut maka, didapat lah sebenarnya persamaan garis tersebut ialah y = 2x+1. Sesuai sekali dengan hasil perhitungan tadi. Catatan terakhir perihal asimtot datar ini, sebuah fungsi mustahil mempunyai asimtot datar dan asimtot miring secara bersamaan. Terkait :Kalkulator Mencari Persamaan Garis.

Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Contoh Soal Dan Pembahasan Mencari Asimtot Miring"