Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Dan Pembahasan Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan / comparison  adalah Melihat hubungan antara beberapa nilai. Antara nilai tersebut ada nilai yang dilihat dan ada nilai yang menjadi pola sehingga di sanggup sebuah konstanta perbandingan. Jika dimisalkan konstanta tersebut ialah k, maka k tersebut di peroleh dari : k = nilai dilihat / nilai acuan.

Lalu bagaimana dengan perbandingan berbalik nilai? Perbandingan berbalik nilai adalah perbandingan dimana terdapat 2 pasang elemen yang di lihat.  Misalkan x1,x2, y1,y2 dalam hal ini kita akan memandang perbandungan x sebagai  konstanta dan akan dicari nilai salah satu y bila diketahui sebuah y yang lainnya. Uraian ini akan menciptakan bingung, sederhananya sanggup ditulis :
adalah Melihat hubungan antara beberapa nilai Contoh Soal dan Pembahasan Perbandingan Berbalik Nilai
Perumusan di atas akan diartikan bersama-sama x dan y merupakan perbandingan yang berbalik nilai Maksudnya, jika x diperbesar nilainya maka y juga akan menjadi kecil. Untuk mempermudah pemahaman, berikut soal dan langkah menuntaskan sebuah duduk perkara perbandingan.


Langkah Menyelesaikan Soal Perbandingan Berbalik Senilai

Sebelum menuntaskan sebuah soal, alangkah baiknya kita menetapkan langkah langkah sistematis untuk menuntaskan soal tersebut. Langkah penyelesaian soal perbandingan berbalik nilai ini ialah :
  1. Tentukan apa yang akan dibandingkan dan misalkan dengan x dan y
  2. Identifikasi kondisi tersebut menjadi kondisi I dan kondisi II
  3. Lakukan perhitungan dengan memakai rumus perbandingan terbalik di atas.
Setelah membaca langkah di atas, kini kita aplikasi kan pada soal. Berikut dengan pembahasannya.

Soal dan Pembahasan Perbandingan Terbalik

Jika sebuah kendaraan beroda empat sanggup dipakai menempuh kota Padang dan Bukittinggi ,dengan kecepatan 40 km/jam dengan waktu 2 jam. Jika kendaraan beroda empat itu dipacu dengan kecepatan 60 km/jam, berapa waktu yang diperlukan?

Pembahasan : Dari soal di atas, kita sanggup memilih yang akan dibandingkan ialah kecepatan dan waktu Kenapa disebut kecepatan dan waktu disebut perbandingan terbalik / berbanding terbalik? Logika saja, Jika kecepatan semakin besar (mobil makin cepat) maka waktu yang dibutuhkan semakin sedikit (kecil) dan sebaliknya. Ini sesuai dengan kriteria perbandingan terbalik . "jika x diperbesar nilainya maka y juga akan menjadi kecil "  Ok kini telah diketahui yang akan dibandingkan kecepatan (x) dan waktu (y). Agar memudahkan sanggup dipakai tabel berikut:

Kecepatan (x)
waktu (y)
I
40 km/jam (x1)
2 jam (y1)
II
60 km/jam (x2)
Berapa? (y2)
Telah dilakukan langkah pertama dan kedua. Sekarang lanjutkan dengan langkah ke-tiga, kita akan hitung memakai rumus :
adalah Melihat hubungan antara beberapa nilai Contoh Soal dan Pembahasan Perbandingan Berbalik Nilai
Dengan perkalian silang, sanggup diselesaikan menjadi:
40 x 2 = 60 x Y(*40 dan 60 sama sama dibagi 20)
2x2 = 3 x Y2
4/3 = Y2
Makara dari Padang ke Bukittingi, jikalau ditempuh dengan kecepatan 60 km/jam sanggup ditempuh dalam wakt 4/3 jam.

Sebagai latihan, sanggup diselesaikan soal berikut : 
Suatu proyek sanggup dikerjakan oleh 21 orang pekerja dalam waktu 14 hari. Jika jumlah pekerja berkurang 6 orang, berapa waktu yang diharapkan untuk menuntaskan pekerjaan itu? (Kunci Jawaban : 15 hari).
Tips : Untuk mempermudah perhitungan Bisa dicoba memakai kalkulator kami di : Kalkulator untuk Menghitung Perbandingan.
Itulah soal dan  pembahasan ihwal perbandingan terbalik (berbalik nilai). Jenis perbandingan yang lain ialah perbandingan senilai. Lebih lengkap sanggup dibaca di : Contoh Soal dan Pembahasan Perbandingan Senilai.

Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Contoh Soal Dan Pembahasan Perbandingan Berbalik Nilai"