Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Dan Penyelesaian Mencari Luas Diketahui Koordinat

Dalam sistem kordinat cartesius sanggup dibentuk suatu bidang. Misalkan saja ada 6 titik yang diketahui (3,6), (2,10),(7,8), (5.2) (12,3) dan (14, 13). Jika titik titik tersebut dihubungkan akan terbentuk sebuah segi enam yang tidak beraturan. Pembahasan kali ini IC akan membahas bagaimana cara mencari luas bidang pada koordinat cartesius. IC akan bahas 2 tipe berdiri di sini. Pertama untuk berdiri yang beraturan dan ke dua untu berdiri yang tidak beraturan. Terkait : Mengenal Kordnat Cartesius.

Mencari Luas Bangun beraturan Pada Koordinat Cartesius

Untuk berdiri yang beraturan ini tidak akan terlalu susah. Cukup dengan menggambar koordinat, kemudian temukan bentuk berdiri yang di dapat. Langkah selanjutnya cukup mencari luas secara rumus berdiri yang tersedia.

Contoh Soal : Tentukan Luas berdiri bidang datar yang terbentuk dari koordinat titik titik berikut. A (4,2), B (6,2), C (4,-1) dan D (6,-1). Jika dibentuk gambar pada sistem koordinat cartesius maka akan didapat gambar sebuah segi empat dengan jenis persegi.
Sketsa Akhir Gambar
Dari gambar di atas terlihat terang terbentuk sebuah segi empat dengan jenis persegi panjang. Di sini akan sangat gampang menemukan panjang dan lebar berdiri datar tersebut. Panjang di sanggup dari (6-2 =4) dan lebar di sanggup dari (4-(-1)=5). Rumus luas persegi panjang yakni panjangxlebar, Makara dengan gampang sanggup dihitung L = 4x5 = 20. Lalu bagaimana untuk kasus bangunnya yang tidak beraturan. Mari kita lihat bersama.

Mencari Luas Bangun Tidak beraturan Pada Koordinat Cartesius

Untuk berdiri yang tidak beraturan sanggup tidak ada rumus khusus luasnya. Namun, secara manual sanggup dihitung dengan menghitung kotaknya. Hal tersebut sanggup dilakukan kalau gambar rapi dan di kertas grafik. Solusi lain? Ada yaitu dengan mengunakan perkalian sistem. Untuk rumusnya sanggup dilihat sebagai berikut. 

Apabila diketahui koordinat (a,b), (c,d), (e,f) , (g,h),...,(y,z). Jumlah titik tidak dibatasi hingga berapa saja. Langkah pertama yakni dengan menciptakan susunan koordinat tersebut secara ke vertikal (ke bawah dari koordinat pertama hingga koordinat selesai ditambah koordinat pertama lagi. Makara kalau pada titik di atas di susun akan di dapat.
Luas akan didapat dari perkalian silang ke kanan dibawahnya dikurangi perkalian silang kekiri, total hasil di bagi 2. Bisa dilihat pada gambar di atas, bab biru dikalikan kemudian dijumlahkan semua. Lanjut kalikan ke kiri silang (bagian ber warna merah) jumlahkan. Hasilnya di bagi 2 , itulah luas. Agar lebih gampang memahami, sanggup dilihat pola soal berikut.
Diketahui titik A (5,4) , B (1,2) C( 8,1) D (6, 5). Berapa luas berdiri ABCD?
Jika dilukis dalam koordinat Cartesius akan di sanggup hasil berupa segi empat yang tidak beraturan. Untuk itu sanggup dipakai cara di atas.
Keterangan: Masukkan ke tabel x, y koordinat A,B, C,D, A. Setelah itu silahkan di "kali silang" kan. Lalu akan di sanggup hasil ibarat gambar di atas.Untuk menghitung nilai di atas tak perlu di ajarin kan? :).

Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Contoh Soal Dan Penyelesaian Mencari Luas Diketahui Koordinat"