Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kalkulator Untuk Menghitung Kombinasi

Pengertian kombinasi yaitu pengambilan r unsur dari n buah unsur yang tersedia. Dalam kombinasi tidak melihat jenis objek tersusun atau tidak. Yang paling penting, permasalahannya yaitu ambil. Dalam soal soal kombinasi, ciri khas pertanyaannya yaitu berapa banyak cara pengambilan. Bedakan dengan permutasi yang mempunyai kata kunci pertanyaan : berapa banyak cara menyusun atau berapa banyak susunan.

Kombinasi biasanya dinotasikan dengan karakter C. Sehingga andaikan mengambil r objek dari n objek sanggup dinotasikan menjadi nCr. Dalam beberapa buku lain sanggup dinotasikan C (n,r) atau C n diatas c dan r di bawah c). Untuk kini supaya sama kita ambil notasi nCr. Secara matematis kombinasi sanggup diselesaikan dengan rumus kombinasi :
Pengertian kombinasi yaitu pengambilan r unsur dari n buah unsur yang tersedia Kalkulator untuk Menghitung Kombinasi
Keterangan rumus : n yaitu banyak-nya unsur yang tersedia. r yaitu banyaknya unsur yang ingin di ambil. Lebih lengkap mengenai Penjelasan Kombinasi sanggup di baca pada post :Contoh Soal dan Penyelesaian Kombinasi.

Contoh Soal Kombinasi

Untuk sekedar meningatkan, coba perhatikan contoh soal kombinasi ini. Dalam sebuah kantong terdapat 5 bola. Berapa banyak cara jikalau dilakukan pengambilan 3 bola sekaligus. Untuk menyelesaiakan soal tersebut kita akan identifikasi.

Unsur yang tersedia (n) = 5. Unsur yang akan diambil (r) = 3.Jadi sanggup dinotasikan menjadi 5C3. Jika diselesaikan dengan rumus kombinasi di atas maka sanggup diselesaiakan menjadi 5C3 = 5! / (3! (5-3)! = 5!/ (3!.2!) = 5x4x3x2x1 / (3x2x1x2x1) = 10. Untuk angka kecil mungkin lebih gampang tapi bagaimana jikalau angkanya besar? Solusinya dengan mengunakan kalkulator untuk menghitung kombinasi di bawah ini.

Kalkulator Menghitung Kombinasi


Masukkan Nilai n dan r pada kotak di bawah ini. Selanjutnya tekan Hitung.
C

       
credit : marthayunanda




Itulah kalkulator yang gampang mudahan sanggup membantu dalam penyelesaian soal matematika wacana kombinasi. Untuk Kalkulator Soal mengenai permutasi, sanggup dilihat di post wacana : Kalkulator untuk Menghitung Permutasi.
Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Kalkulator Untuk Menghitung Kombinasi"