Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kombinatorika - Hukum Pembagian

Setelah ada hukum perkalian, hukum penjumlahan dan hukum pengurangan tentu adapula yang disebut dengan hukum pembagian. Defenisi hukum pembagian dalam matematika dijelaskan sebagai berikut.
Ada $ \frac {n}{d}$ cara pada sebuah kejadian jikalau kejadian tersebut sanggup dikerjakan memakai sebuah mekanisme yang menghasilkan n cara, dan untuk setiap cara w, tepatnya ada d dari n cara yang berkorespondensi ke cara w
Bentuk pengertian hukum pembagian lain ditinjau dari segi Himpunan,
Jika himpunan berhingga A yaitu adonan dari n pasang subset yang saling lepas yang masing - masing subset terdiri atas d elemen, maka $ n= \frac {|A|}{d}$.

Sementara dari tinjauan fungsi, arti hukum pembagian mempunyai defenisi,
Jika f yaitu fngsi dari A ke B dimana A dan B yaitu hmpunan berhingga, dan untuk setiap nilai y∈B ada tepatnya d nilai x∈A sedemikian sampai f(x)=y (dalam perkara ini f yaitu d ke satu), maka $|B|= \frac {|A|}{d}$

Sebagai mempermudah pemahaman, anda sanggup perhatikan teladan soal dan pembahasan mengenai hukum pembagian di bawah ini,

Soal . Berapa banyak cara empat orang duduk mengelilingi meja lingkaran dimana dua susunan daerah duduk dianggap sama jikalau teman duduk disamping kanan dan samping kirinya sama?

Jawab: Misal daerah duduk pada meja lingkaran di labeli dengan label 1,2,3, dan 4, maka

  1. ada 4 cara untuk menentukan seseorang duduk pada daerah duduk 1, 
  2. ada 3 cara untuk menentukan seseorang duduk pada daerah duduk 2, 
  3. ada 2 cara untuk menentukan seseorang duduk pada daerah duduk 3, 
  4. ada 1 cara untuk menentukan seseorang duduk pada daerah duduk 4. 

Sehingga semuanya ada 4!= 24 cara. Namun, masing-masing 4 pilihan untuk daerah duduk 1 mempunyai kesamaan susunan.
Contohnya begini,
2 kondisi di atas dianggap sama lantaran di samping kanan dan kiri si '1' ada '2' dan '4' meskipun pada kejadian pertrama '4' di kiri dan '2' di kanan dan pada kejadian kedua '4' dikanan dan '2' di kiri.

Oleh lantaran susunan ibarat ilustrasi di atas di anggap sama, maka menurut hukum pembagian banyak cara penempatan sesunggguhnya yaitu: 24/4=6 cara.
Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Kombinatorika - Hukum Pembagian"