Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Klarifikasi Semantik Secara Lengkap

Pengertian Semantik – Bagi sebagian pelajar atau mahasiswa jurusan bahasa mungkin sudah tak aneh lagi dengan kata semantik atau mungkin sudah paham betul apa yang dimaksud dengan semantik itu sendiri, namun dikalangan pelajar yang gres ingin memasuki dunia pembelajaran gres tentu sangat ingin mengetahui apa sih sebetulnya yang dimaksud dengan semantik itu? Nah untuk itu akan kami jelaskan secara singkat dalam pengertian dan penjelasannya kurang lebih di bawah ini.

Semantik

Semantik ialah merupakan suatu cabang ilmu Linguistik yang di dalamnya membahas makna dan arti dari sebuah kata, frasa maupun kalimat. Kajian kajian semantik umumnya dilakukan berkaitan dengan aspek tanda-tanda bahasa, medan komponen makna, pergeseran dan perubahan makna, proses gramatikal, kelogisan berbahasa dan majas.
Secara sederhana, pengetahuan ihwal makna dan arti ini akan membantu kita dalam memahami apa yang dimaksudkan dalam kata, klausa dan kalimat yang kita temukan.
Kurang lebih menyerupai itu secara singkatnya mengenai pengertian dan klarifikasi ihwal semantik itu sendiri, dan untuk lebih jelasnya alangkah baiknya anda menuju pada pengertian serta klarifikasi secara lengkap di bawah ini:

Definisi Kata Semantik

Semantik berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (1990;805) yaitu “ilmu ihwal makna kata, pengetahuan mengenai seluk-beluk dan pergeseran arti kata-kata”.
Sedangkan berdasarkan Tarigan (2009;7) menyatakan bahwa semantik berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata Semantickos. Seman mengandung makna tanda dan  tickos mengandung makna ilmu. Dengan demikian semantik sanggup diartikan sebagai ilmu ihwal tanda.

 Bagi sebagian pelajar atau mahasiswa jurusan bahasa mungkin sudah tak aneh lagi dengan k Pengertian dan Penjelasan Semantik Secara Lengkap
Pengertian dan Penjelasan Semantik Secara Lengkap

Beberapa Teori Semantik

Adapun beberapa teori dengan tujuan untuk melihat relasi antara bahasa, pikiran dan realitas diantaranya adalah:

Teori Referensial : Teori yang menyatakan relasi antara reference, referent dan symbol.
Teori Kontekstual : Lebih mengisyaratkan pentingnya konteks situasi dalam analisis makna.
Teori Mentalisme : Berkaitan bersahabat dengan gambaran mental oleh penutur (Bahasa Lahiriah)
Teori Pemakaian : Teori inilah yang merupakan cikal-bakal lahirnya kajian pragmatik.

Mengingat ilmu Linguistik itu aneka macam cabangnya maka satubahasa sendiri sebagai media mencar ilmu online akan bertahap membahas ihwal ilmu linguistik yang ada pada tata bahasa Indonesia dengan tujuan untuk membantu anda dalam menemukan pemahaman serta materi mencar ilmu anda dalam mempelajari ilmu bahasa, itu saja yang sanggup kami berikan pada kesempatan kali ini dan untuk lebih jelasnya mengenai teori ihwal bahasa sanggup anda temukan pada materi artikel kami lainnya yang sudah kami postingkan tentunya. Kurang lebihnya mohon dimaafkan dan kalau ada kritik maupun saran silahkan tinggalkan pada kolom komentar atau sanggup juga melalui fans page kami. Terima kasih atas waktu dan kunjungannya dan selamat mencar ilmu ihwal semantik sobat sahabat satubahasa!

Sumber http://www.satubahasa.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Klarifikasi Semantik Secara Lengkap"