Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Perbedaan Antara Statistika Dan Statistik

Kerapkali kita menganggap antara statistika dan Statistik tersebut sama. Bahkan sanggup dibilang, sebutan Statistik yaitu akronim dari Statistika. Padahal antara ke-dua hal ini sangat jauh berbeda. Mari kita lihat perbedaan tersebut.

Pengertian dari Statistika

yaitu cabang ilmu yang membahas ihwal ; perencanaan, penghimpunan, pengolahan, analisa, penyajian serta penerjemahan data dan pengambilan kesimpulan dari data yang diperoleh. Statistika ini merupakan serpihan dari matematika. Lebih dalamnya ini berkaitan dengan cabang ilmu matematika lain menyerupai probabilitas, aljabar dan kalkulus.

Secara umum, statistika ini sanggup dikelompokkan menjadi dua macam. Statistika deskriptif dan Statistika inferensial.

Pada statistika deskriptif bekerjasama dengan hasil selesai ihwal sekelompok objek penelitian dalam bentuk ringkasan. Biasanya dipakai grafik atau tabulasi. Sementara itu, pada statistika inferensial lebih mengarah pada pengujian sampel menurut hipotesis dan menawarkan kesimpulan secara general pada pembaca ihwal kelompok populasi.

Aplikasi statistika ini sangat banyak ditemui dalam banyak ilmu lain. Misalnya untuk komputasi, medis, sosial, kependudukan, asuransi, ekonomi-bisnis dll. Perolehan data dan statistika dipakai sebagai materi untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada pada masing masing bidang tersebut.

Pengertian Statistik

Statistik yaitu ukuran/data yang didapatkan dari proses statistika. Data tersebut sanggup disajikan dalam bentuk angka (mean/rata-rata, median dll) ataupun berupa grafik dan diagram.

Dengan demikian singkatnya, antara statistik dan statistika sangalah berbeda. Perbedaan tersebut yaitu, Statistika yaitu cabang ilmunya atau nama ilmunya. Sementara statistik sanggup dibilang sebagai produk dari statistika.

Contoh Statistik adalah, jumlah penduduk, jenis pekerjaan, luas wilayah, tingkat pengangguran.

Jadi kini kita sanggup paham sebetulnya antara Statistika dan Statistik tersebut sangatlah berbeda. Jangan biasakan dalam salah memakai kata tersebut lagi ya.
Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Pengertian Dan Perbedaan Antara Statistika Dan Statistik"