Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Statistik Deskriptif Dan Statistik Inferensial

Statistik Deskriptif

Apa itu statistik Deskriptif? Pengertian dari statistik deskriptif yaitu acara yang dilakukan dalam mengumpulkan, menata, meringkas dan menyajikan data dengan tujuan data tersebut sanggup dibaca dan gampang dimengerti oleh para pengguna data.

Tujuan statistik deskriptif inni yaitu menunjukkan gambara umum khas objek observasi atau penelitian TANPA MELAKUKAN GENERALISASI.

Dalam mengolah data Statistik Deskriptif akan dilakukan ukuran pemusatan data berupa mean, median dan modus. Kemudian juga mencakup ukuran penyebaran data berupa Jangkauan, Varian/Ragam, Standar Deviasi atau Simpangan baku serta koefisien variasi.
Untuk mempermudah pembaca, data akan disajikan dalam grafik, tabulasi atau diagram. Sehingga dengan adanya grafik tersebut, pembaca sanggup mendapat isu perihal objek observasi.

Statistik Inferensial

Nama lain dari statistik inferensial ini dikenal juga dengan statistik induktif. Aktivitas yang dilakukan yaitu berupa praduga (hipotesis), menguji, dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh dalam observasi.
Tujuan dari statistik induktif ini yaitu untuk mengeneralisasi. Peng-genaralisasian ini dilakukan sehingga sanggup ditarik kesimpulan. Kesimpulan yang didapat berlaku untuk populasi, meskipun pada prakteknya diambil data dari sampel saja. Oleh lantaran itu, kebenaran data dari statistik inferensial ini berupa probability atau peluang.

Statistik Inferensial ini sanggup dikelompokkan menjadi dua jenis. Kita mengenalnya menjadi statistik parameterik dan statistic non parametrik.

Pada statistik parameterik, data pengasumsian data akan mengukikuti suatu distribusi data. Sementara pada statistik non parametrik data tak diasumsikan menurut distribusi tertentu.

Pada sebuah laporan penelitian, biasanya statistik inferensial ini juga menyertakan statistik deskriptif. Karena dengan statistik deskriptif akan menunjukkan deskripsi awal objek penelitian. Kemudian gres dikaji secara induktif sehingga didapatkan kesimpulan dari hasil penelitian.
Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Statistik Deskriptif Dan Statistik Inferensial"