Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Kreatif Menulis Dongeng Pendek Atau Cerpen

Menulis Cerpen - Menulis cerpen merupakan curahan dari imajinasimu sendiri yang kemudian dijadikan sebuah cerita. Bagi sebagian orang mungkin teramat susah dalam mengarang sebuah kisah apalagi kisah tersebut yaitu cerpen yang harus kita ringkas dan harus tuntas bersama dengan amanat atau pesan pesan kisah di dalamnya. Nah untuk itu kali ini satubahasa akan menunjukkan kiat sukses atau sanggup disebut tips kreatif untuk anda dalam menulis sebuah cerpen. Tips ini sendiri akan kami bagi menjadi tiga bagian, semua itu semata mata supaya anda lebih memahami dan lebih terpandu oleh tips tips kami yang akan kami berikan di bawah ini.

Tips Kreatif Sebelum Menulis Cerpen


Dalam tips sebelum menulis cerpen ini ada beberapa tips dalam membangkitkan semangat atau motivasi menulis cerpen, diantaranya yaitu :

Yakinkanlah bahwa menulis itu yaitu proses, sebuah proses tentu harus mempunyai awalan. Maka sebuah cerpen tidak akan ada prosesnya jikalau anda tidak menuliskan kata pertama atau menggoreskan tinta maupun mengetik kata kata. Kaprikornus mulailah dengan niat menulis sebab menulis itu dimulai dari satu karakter yang kemudian dirangkai menjadi kata dan kalimat, paragraf dan seterusnya.

Berfikir dan berimajinasi, alangkah baiknya sebelum kita menulis usahakan berfikir dan berimajinasi untuk menuliskan apa yang kita pikirkan dan kita bayangkan dalam imajinasi kita. Dan perlu diingat bahwa menulis yaitu ekspresi diri, jadi bebaskan dirimu dari belenggu atau hal hal lain yang menghambat dan merusak semangat serta imajinasimu.

Selain berfikir dan berimajinasi kau juga harus mulai berguru untuk menjadi pengamat. Pengamat di sini yaitu artinya bahwa kau harus benar benar menyukai untuk membaca karya karya cerpen orang lain maupun karya cerpen cerpen penulis ternama. Dengan ibarat itu anda sanggup mengamati gaya kepenulisan setiap cerpen yang anda baca.
 Menulis cerpen merupakan curahan dari imajinasimu sendiri yang kemudian dijadikan sebuah  Tips Kreatif Menulis Cerita Pendek atau Cerpen
Tips Kreatif Dalam Menulis Cerita Pendek atau Cerpen

Tips Kreatif Saat Menulis Cerpen


Setelah tahap tips sebelum menulis cerpen maka kali ini kita beralih pada tips kreatif ketika menulis cerpen itu sendiri atau ketika sedang menulis cerpen yang sedang kita tulis. Dalam tips ketika menulis cerpen ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika menulis, diantaranya adalah;

Jangan anggap ketika menulis yaitu hal yang sangat angker atau berat untuk dilakukan, mulailah menulis apapun yang ingin anda tuliskan dan berani kreatif sekalipun itu tidak gampang dalam menentukan kata yang tepat, sebab bagaimanapun juga penulis penulis yang sudah hebat pun pada awalnya goresan pena atau karya karyanya niscaya terlihat kurang baik.

Selain itu juga kau usahakan dalam menulis cerpen supaya gaya bahasamu itu hidup, tidak usah berfikir terlalu usang yang terpenting yaitu ekspresi gaya bahasa milik kita sendiri selagi bahasa tersebut sanggup dimengerti oleh pembaca nantinya.

Dan jangan lupa juga untuk mengambil tema yang unik, tema yang unik akan menghasilkan imajinasi dan isi cerpen yang unik dan terkesan beda pula dari cerpen cerpen lain. Dan perlu diingat bahwa jangan terlalu memaksakan goresan pena atau karyamu cepat simpulan dalam waktu yang singkat, semua butuh proses dan waktu oleh sebab itu janganlah terburu buru, alangkah baiknya ketika menulis kita lebih santai dalam menulis cerpen kita dengan bertahap dan kembali kita koreksi atau baca berulang kali supaya risikonya pun memuaskan.

Tips Saat Selesai Menulis Cerpen


Dan yang terakir yaitu tips ketika kita simpulan menulis cerpen kita, kemudian apa saja yang harus kita lakukan sehabis goresan pena kita atau karya kita sudah selesai. Inilah yang harus anda lakukan ketika karya anda selesai, diantaranya adalah;

Kamu sanggup mempublikasikan karya anda, baik di majalah dinding sekolah atau media media penampung cerpen ibarat majalah atau surat kabar bahkan kirim cerpen online, dan perlu di ingat bahwa satubahasa sendiri mendapatkan kiriman cerpen kau lho, untuk nantinya akan kami publikasikan supaya sanggup dibaca dan menebarkan semangat karya sastra kepada sahabat online lainnya.

Itulah tiga tips kreatif dalam menulis cerpen atau kisah pendek yang sanggup anda lakukan supaya sanggup menjadi penyempurna dan penyemangat anda dalam menulis cerpen cerpen anda. Dan bagi sahabat satubahasa yang ingin mengirimkan karya cerpennya kepada kami, silahkan untuk mengirimkan karya anda kepada kami melalui form yang sudah kami sediakan untuk ruang karya anda pada kolom kirim cerpen. Terima kasih atas waktunya dan salam satubahasa teman!

Sumber http://www.satubahasa.com

Post a Comment for "Tips Kreatif Menulis Dongeng Pendek Atau Cerpen"