Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Pengertian Seni Modern

Pengertian modern mempunyai dua arti ; 1. terbaru ; mutakhir 2. Sikap dan cara berfikir serta cara bertindak sesuai dengan tuntutan zaman (Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke tiga : 2001 : 75.)
Menurut Wikipedia Indonesia seni modern yaitu karya seni yang dihasilkan dalam periode terentang antara 1860 hingga 1970 M dengan memakai gaya dan filosofi seni yang dihasilkan pada masa itu. Pada dasarnya dunia seni modern berada dalam struktur budaya sosial yang lebih luas sebagai hasil perkembangan dunia selama simpulan masa ke 19 dan awal masa ke 20.

Seniman-seniman modern pada umumnya bereksperimen dengan gaya gres yang unik dan dengan menghasilkan ide-ide segar terkena fungsi dari seni dan material-material yang digunakan. Mereka cenderung membuat karya seni yang dihasilkan dari perasaan yang dalam dan inspirasi-inspirasi yang kreatif pada umumnya.
Perkembangan dan kemajuan teknologi turut memperkaya khasanah dan proses kreatif seniman modern. Era teknologi digital yang bisa menggantikan peranan dari teknologi analog dengan segala kelebihannya sangat memmenolong para seniman bereksperimen dan menemukan aneka macam varian bentuk-bentuk imajinatif visual yang sangat kaya dan beragam.
Beberapa jenis karya seni yang dihasilkan dari proses olah digital antara lain film, videografi, animasi dan fotografi.

a. FILM
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Film mempunyai dua arti, 1) sebuah selaput tipis berbahan seluloid yang dipakai untuk menyimpan gambar negatif dari sebuah obyek 2) lakon atau gambar hidup. Film yaitu rangkaian banyak frame gambar yang diputar dengan cepat. Masing-masing frame ialah rekaman dari tahapan-tahapan suatu gerakan, ukran frame ditetapkan dalam fps (frame per second). Kita pernah terkesima dengan tontonan film layar tancap. Sebuah tontonan film yang ditayangkan pada bentangan layar terbuat dari kain putih yang dipasang, ditancapkan di daerah terbuka. Kemudian film dimainkan, disorotkan pada layar putih tersebut dengan memakai proyektor film, yaitu alat pemutar film. Filmnya berupa gulungan selaput tipis berbahan seluloid yang meliputi foto adegan film yang dibentuk frame per frame (rangkaian gerakan secara urut), sehingga foto adegannya banyak sekali. Sewaktu diputar dengan proyektor film, maka gambar adegan tersebut sanggup bergerak, dan menjadi indah, menarikdanunik alasannya yaitu didiberi latar suara, baik bunyi obrolan dari pemain drama film maupun bunyi latar dengan diiringi ilustrasi berupa musik, dan bunyi lainnya.

Sejarah perfilman diawali dengan ditemukannya kinetoskop oleh Thomas Alfa Edison. Pertama kali film masih berupa film bisu dan hitam putih. Pada sekitar tahun 1927, film sudah diisi bunyi obrolan pemerannya tetapi masih berupa film hitam putih, gres sekitar tahun 1937, mulailah muncul film berwarna. Film tersebut direkam dan digandakan dengan selaput tipis berbahan seluloid, yang digulung dan didiberi wadah (casing). Sekitar tahun 1970-an, film direkam dan digandakan dengan teknologi videotape, dan boleh dijual kepada masyarakat luas. Sepuluh tahun sesudahnya, film direkam dan digandakan dengan teknologi laser disc, selanjutnya teknologi VCD, disusul lagi teknologi DVD dan pada era kini ini teknologi digital movie.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apa Pengertian Seni Modern"