Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Pngertian Sistem Saraf Sadar Dan Sistem Saraf Otonom?

1). Sistem Saraf Sadar
Sistem saraf sadar disusun oleh saraf otak (saraf kranial), yaitu saraf-saraf yang keluar dari otak, dan saraf sumsum tulang belakang, yaitu saraf-saraf yang keluar dari sumsum tulang belakang.
Saraf otak ada 12 pasang yang terdiri dari :
a). Tiga pasang saraf sensori, yaitu saraf nomor 1, 2, dan 8
b). lima pasang saraf motor, yaitu saraf nomor 3, 4, 6, 11, dan 12
c). empat pasang saraf adonan sensori dan motor, yaitu saraf nomor 5, 7, 9, dan 10.

Saraf otak dikhususkan untuk kawasan kepala dan leher, kecuali nervus vagus yang melewati leher ke bawah hingga kawasan toraks dan rongga perut. Nervus vagus membentuk potongan saraf otonom. Oleh sebab kawasan jangkauannya sangat luas maka nervus vagus disebut saraf pengembara dan sekaligus yaitu saraf otak yang paling penting. Saraf sumsum tulang belakang berjumlah 31 pasang saraf gabungan. Berdasarkan asalnya, saraf sumsum tulang belakang dibedakan atas 8 pasang saraf leher, 12 pasang saraf punggung, 5 pasang saraf pinggang, 5 pasang saraf pinggul, dan satu pasang saraf ujung. Beberapa urat saraf bersatu membentuk jaenteng urat saraf yang disebut pleksus. Ada 3 buah pleksus yaitu sebagai diberikut.

a). Pleksus cervicalis yaitu adonan urat saraf leher yang mensugesti potongan leher, 
     bahu, dan diafragma.
b). Pleksus brachialis mensugesti potongan tangan.
c). Pleksus Jumbo sakralis yang mensugesti potongan pinggul dan kaki

2). Saraf Otonom
Sistem saraf otonom disusun oleh serabut saraf yang berasal dari otak maupun dari sumsum tulang belakang dan menuju organ yang bersangkutan. Dalam sistem ini terdapat beberapa jalur dan masing- masing jalur membentuk sinapsis yang kompleks dan juga membentuk ganglion. Urat saraf yang terdapat pada awal ganglion disebut urat saraf pra ganglion dan yang berada pada ujung ganglion disebut urat saraf post ganglion.Sistem saraf otonom sanggup dibagi atas sistem saraf simpatik dan sistem saraf parasimpatik. Perbedaan struktur antara saraf simpatik dan parasimpatik terletak pada posisi ganglion. Saraf simpatik memiliki ganglion yang terletak di sepanjang tulang belakang melekat pada sumsum tulang belakang sehingga memiliki urat pra ganglion pendek, sedangkan saraf parasimpatik memiliki urat pra ganglion yang panjang sebab ganglion melekat pada organ yang dimenolong.

Fungsi sistem saraf simpatik dan parasimpatik selalu berlawanan (antagonis). Sistem saraf parasimpatik terdiri dari keseluruhan "nervus vagus" bersama cabang-cabangnya ditambah dengan beberapa saraf otak lain dan saraf sumsum sambung.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apakah Pngertian Sistem Saraf Sadar Dan Sistem Saraf Otonom?"