Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Yang Dimaksud Dengan Asam, Basa Dan Garam Yan Bersifat Elektrolit?

Zat-zat yang larut dalam air dan sanggup membentuk sifat larutan yang menghantarkan arus listrik dinamakan larutan elektrolit. Demikian juga larutan asam, basa , dan garam. Jika dilarutkan dalam air maka larutan tersebut akan bersifat elektrolit. Untuk lebih jelasnya perhatikan pola dari zat yang bersifat asam, basa dan garam kalau dilarutkan dalam air akan menjadi sebagai diberikut:

a. Zat yang bersifat asam
Zat asam yakni zat yang kalau dimasukkan dalam air melepas ion H+ . Sebagai pola zat yang bersifat asam contohnya asam kloroda (HCl) kalau terurai dalam air akan menjadi H+ + Cl- selanjutnya ion H+ akan bereaksi dan bergabung dengan H2O menjadi ion hidronium (H3O+) dan persamaan
reaksinya yakni H+ + H2O = H3O+

b. Zat yang bersifat basa
Zat bersifat basa yakni zat yang kalau dimasukkan dalam air melepas ion OH- sebagai pola yang bersifat basa contohnya Natrium hidroksida (NaOH) kalau terurai dalam air akan menjadi Na+ + OH- selanjutnya ion OHakan bereaksi dengan air (H2O) dan persamaan reaksinya menjadi OH- +
H2O = H2O + OH OHc.

c.Zat yang bersifat garam
Yakni senyawa yang terbentuk dari logam dan non logam yang bergabung dengan ikatan ion. Sebagai pola garam yakni natrium klorida atau garam dapur NaCl yang terbentuk dari ion Na+ dan Cl-.
Dari klarifikasi di atas terlihat bahwa zat asam yang dilarutkan dalam air akan terbentuk ion Na+ dan Cl- yang ketiganya yakni ion-ion yang bermuatan sehingga kalau ketiga zat tersebut sanggup dipakai untuk menghantar listrik yang disebut larutan elektrolit.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apakah Yang Dimaksud Dengan Asam, Basa Dan Garam Yan Bersifat Elektrolit?"