Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak-Dampak Konkret Maupun Negatif Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia

Berikut ini akan dijelaskan terkena imbas perdagangan internasional, imbas perdagangan internasional terhadap perekonomian indonesia, imbas faktual perdagangan internasional, imbas perdagangan internasional bagi indonesia, sebutkan imbas perdagangan internasional bagi indonesia, imbas negatif perdagangan internasional.

Dampak Perdagangan Internasional

Setiap acara perdagangan internasional yang dilakukan oleh suatu negara akan mempersembahkan imbas eksklusif maupun tidak lagsung bagi perekonomian negara tersebut.

Demikian juga dengan perdagangan internasional yang dilakukan oleh Indonesia akan berdampak juga terhadap perekonomian dalam negeri Indonasia. Perdagangan internasional akan mempersembahkan imbas faktual dan negatif.

1. Dampak Positif Perdagangan Internasional bagi Perekonomian Indonesia

Dalam setiap kolaborasi perdagangan internasional yang dilakukan Indonesia dengan negara lain harus mengandung prinsip saling menguntungkan. 

Beberapa imbas faktual perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia, di antaranya sebagai diberikut.

a. Mendorong dan Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

melaluiataubersamaini adanya perdagangan internasional yang dilakukan oleh Indonesia akan sanggup mendorong tumbuhnya industri-industri dalam negeri untuk menyebarkan usaspesialuntuk sehingga akan mempercepat pertumbuhan perekonomian dalam negeri. 

Perdagangan internasional akan sanggup meningkatkan ajakan dan penawaran akan suatu produk. Hal inilah yang mendorong bertumbuhnya industri-industri dalam negeri. Sebagai contoh, berkembangnya industri batik, kerajinan, dan industri tekstil.

b. Meningkatkan Pendapatan Negara

Melalui perdagangan internasional akan diperoleh devisa yang ialah salah satu sumber penerimaan negara. Semakin besar ekspor kita maka semakin besar pula devisa yang diperoleh. 

melaluiataubersamaini meningkatnya pendapatan negara maka pembangunan sanggup terealisasi dengan baik dan kebutuhan negara akan sanggup terpenuhi.

c. Memperluas Lapangan Pekerjaan

Adanya perdagangan internasional sanggup meningkatkan ajakan akan suatu produk. Hal inilah yang mendorong tumbuh dan berkembangnya industri-industri dalam negeri sehingga terciptalah lapangan kerja, yang pada akhirnya sanggup mengurangi pengangguran di dalam negeri.

d. Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Adanya perdagangan internasional akan sanggup memperluas lapangan kerja dalam negeri, dan banyak masyarakat yang dulunya susah mencari pekerjaan/menjadi pengangguran kini sanggup bekerja dan memiliki penghasilan. 

melaluiataubersamaini berpenghasilan, masyarakat akan sanggup memenuhi kebutuhan hidupnya, yang berarti kesejahteraan hidupnya meningkat.

e. Meningkatkan Kualitas Produksi

Mengingat banyaknya persaingan dari negara-negara lain dalam perdagangan internasional maka hal itu mendorong setiap negara untuk meningkatkan kualitas produk ekspornya semoga bisa laris di pasar internasional dan menang dalam persaingan.

Demikian juga dengan negara kita, semoga sanggup bersaing dengan negara lain maka Indonesia mau tidak mau juga dituntut selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas produknya semoga sesuai dengan standar mutu internasional dengan cara menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses produksinya sehingga sanggup bersaing dan laris di pasar internasional. Misalnya dengan mengganti peralatan/mesin industri dengan yang lebih modern dan bertehnologi.

f. Memajukan Dunia Perbankan dan Lembaga Keuangan Lain

Dampak faktual lain dengan adanya perdagangan internasional yaitu semakin majunya forum keuangan, baik bank maupun nonbank, sebab bagaimanapun dalam perdagangan internasional akan melibatkan forum keuangan untuk memmenolong memperlancar dan mempergampang transaksi dalam pembayaran dalam negara lain. Misalnya, mengatasi perbedaan alat pembayaran antarnegara.

2. Dampak Negatif Perdagangan Internasional bagi Perekonomian Indonesia

Dalam setiap kolaborasi perdagangan internasional baik bilateral, regional, maupun multilateral tentu saja selain memiliki imbas faktual juga menimbulkan imbas negatif.

Adapun imbas negatif perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia yaitu sebagai diberikut:

a. Kelangsungan Hidup Produk Dalam Negeri Teracam

Kelangsungan hidup produksi dalam negeri sanggup terancam sebab perdagangan internasional sanggup membuka peluang dan peluang masuknya produk luar negeri ke dalam negeri sehingga bagi produk dalam negeri yang kualitasnya rendah tentu akan kalah bersaing dan tidak laris di pamasukan. 

Sedangkan produk luar negeri yang proses pembuatannya lebih maju dan modern tentu saja kualitasnya lebih baik akan laris dan menguasai pamasukan.

b. Menyempitnya Pasar Produk Dalam Negeri

melaluiataubersamaini masuknya produk luar negeri ke dalam negeri tentu akan mengurangi pasar di dalam negeri. Sehingga pasar dalam negeri yang tiruanla dikuasai oleh produk dalam negeri, perlahan-lahan akan sanggup digeser dan dikuasai oleh produk luar negeri.

c. Hancurnya Industri Dalam Negeri

Bagi industri kecil yang kemampuan modalnya kecil dan daya saingnya rendah sudah niscaya akan kalah bersaing dengan pengusaha asing. 

Akibatnya banyak pengusaha dalam negeri yang gulung tikar atau menutup usaspesialuntuk. Maka untuk mencegah hal ini pemerintah melaksanakan proteksi guna melindungi produksi dalam negeri dari serbuan produk-produk luar negeri.

d. Meningkatnya Pengangguran

Banyaknya perusahaan yang gulung tikar atau gulung tikar sebab kalah bersaing dengan perusahaan ajaib yang menjual produknya di Indonesia, menimbulkan banyaknya tenaga kerja yang di-PHK sehingga mengakibatkan pengangguran meningkat dan daya beli masyarakat menurun.

e. Terjadinya Utang Luar Negeri

Dalam perdagangan internasional apabila ekspor negara kita lebih kecil daripada impor, maka hal ini akan mengakibatkan terjadinya proteksi luar negeri. 

Padahal untuk membayar proteksi tersebut Indonesia harus membayar dengan devisa, karenanya devisa Indonesia berkurang dan perekonomian dalam negeri akan terganggu.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Dampak-Dampak Konkret Maupun Negatif Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia"