Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Apa Saja Fungsi Kulit (Integumen)?

Kulit (integumen)
Kulit adalah cuilan badan yang terluas dan membungkus seluruh cuilan luar tubuh. Kulit mempunyai beberapa fungsi, antara lain:
a. Fungsi proteksi
Kulit melindungi cuilan dalam badan dari gangguan fisik maupun mekanik, menyerupai gesekan, tarikan, gangguan kimia yang sanggup menjadikan iritasi (contohnya asam, karbol), gangguan gerah, dan radiasi sinar ultraviolet matahari dan bisul mikroorganisme.

b. Fungsi absorpsi
Permeabilitas yang dimiliki kulit memungkinkan kulit mengabsorpsi oksigen, mengeluarkan CO2 dan uap air. Pada kulit yang sehat tidak akan simpel menyerap air, larutan, dan benda padat. Tetapi, larutan yang simpel menguap akan simpel diabsorpsi.

c. Fungsi ekskresi
Kelenjar-kelenjar pada kulit mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme badan yang tidak diharapkan lagi oleh badan menyerupai urea, NaCl, asam urat, dan amonia. Kelenjar minyak menjaga kelembapan kulit. Kelenjar lemak dan kelenjar keringat mengakibatkan keasaman kulit.

d. Fungsi persepsi
Ujung-ujung saraf sensorik yang terdapat pada kulit mengakibatkan badan sanggup menanggapi rangsang dingin, gerah, tekanan, dan lain-lain.

e. Fungsi pengaturan suhu tubuh
Untuk mengatur suhu tubuh, kulit mengeluarkan keringat. Jika udara gerah, maka kulit akan mengeluarkan keringat lebih banyak.

f. Fungsi pembentukan pigmen
Kulit sanggup memilih warna kulit seseorang menurut pigmen kulit. Pigmen ini dinamakan melanin. Jika melanin yang dihasilkan terlalu banyak, maka kulit akan berwarna hitam.

g. Fungsi keratinisasi
Lapisan ini banyak mengandung sel keratin yang tidak mengandung air, elastisitasnya kecil sehingga efektif mencegah penguapan air. Lapisan ini selalu mengelupas.

h. Fungsi pembentukan vitamin D
melaluiataubersamaini menolongan sinar matahari mengubah dihidroksi kolesterol pada kulit menjadi vitamin D. Jika engkau belum sempurnanya vitamin D, maka tulangmu akan simpel patah. Kulit juga adalah alat indikator untuk melihat perubahan atau mengetahui kelainan yang terjadi pada tubuh.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Apa Saja Fungsi Kulit (Integumen)?"