Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Apa Saja Perlengkapan Langsung Yangwajib Dibawa Untuk Berkemah?

Perlengkapan Berkemah
Perlengkapan berkemah mencakup perlengkapan langsung dan perlengkapan kelompok. Perlengkapan langsung ialah segala keperluan yang diharapkan diri sendiri selama berkemah. Sedangkan perlengkapan kelompok ialah segala keperluan yang diharapkan secara kelompok.

a. Perlengkapan pribadi
Hendaknya kita harus betul-betul teliti dalam mempersiapkan perlengkapan pribadi. Prinsip yang harus diterapkan dalam mempersiapkan perlengkapan langsung ialah lengkap, mudah dan
enteng. Makara tiruana perlengkapan harus mempertimbangkan manfaat dan tingkat kesusahan dalam kita membawanya. Ada beberapa perlengkapan langsung yang pada umumnya sering kita butuhkan dalam aktivitas perkemahan, yaitu:

1) Ransel
Ransel ialah alat yang dipergunakan untuk membawa keperluan selama aktivitas perkemahan. Ransel yang baik ialah berbahan besar lengan berkuasa dan enteng serta tidak mudah berair (tahan air).

2) Pakaian perjalanan
Pakaian perjalanan sebaiknya juga memakai materi yang kuat, tidak mudah berair dan mudah kering. Jangan memakai pakaian yang berat dan mudah basah, contohnya pakaian jeans,
karena kain jeans kalau berair akan semakin berat dan usang keringnya. Pakaian juga tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar.

3) Sepatu dan kaos kaki
Sepatu yang baik ialah terbuat dari kulit, alasannya tidak mudah sobek dan melindungi kaki secara terbaik. Diusahakan memakai sepatu yang hingga menutup mata kaki. Bagian
bawah sepatu harus besar lengan berkuasa dan dapat mencengkeram ke segala arah biar tidak menggangu mobilitas selama aktivitas perkemahan. Kaos kaki juga diusahakan yang berbahan tebal dan menyerap
keringat. Ini berkhasiat untuk menjaga suhu badan ketika kita kedinginan di alam bebas

4) Jaket (baju hangat)
Jaket ini sangat berkhasiat ketika kita kedinginan. Dianjurkan memakai jaket dengan materi berlapis, yaitu kain nilon di bab luar dan kain wol (tebal) di bab dalam. Serta disertai epilog kepala (ponco).

5) Sleeping bag (kantung pulas) dan matras (alas pulas)
Peralatan ini berkhasiat ketika kita pulas, supaya kita dapat diberistirahat dengan baik dan untuk menahan udara yang dingin.

6) Jas hujan
Jas hujan sangat diharapkan ketika aktivitas perkemahan dilakukan pada animo penghujan. Tetapi pada animo kemarau juga dapat dipergunakan untuk melapisi tenda bab luar pada waktu malam hari biar embun tidak meresap ke dalam tenda.

7) Pakaian cadangan
Bawalah pakaian cadangan secukupnya saja, sesuaikan denganlamanya waktu berkemah. Dianjurkan untuk memasukkan pakaian cadangan ke dalam kantung plastik terlebih lampau sebelum dimasukkan ke dalam ransel.

8) Peralatan mandi
Bawalah peralatan mandi seperlunya saja, yaitu sabun mandi, shampo, sikat gigi, pasta gigi dan handuk. Sebaiknya untuk meminimalkan penerapan sabun dan pasta gigi untuk menghindari pencemaran lingkungan.

9) Peralatan makan
Peralatan makan yang kita bawa juga seperlunya saja, yaitu piring, sendok dan gelas

10) Lampu senter
Dipergunakan ketika aktivitas pada malam hari sebagai alat penerangan dan mempersembahkan isyarat.
 

11) Peluit
Berguna untuk alat komunikasi dan untuk mempersembahkan isyarat.
 

12) Topi rimba
Yaitu topi yang terbuat dari kain dan memiliki tepi yang lebar di sekelilingnya.
 

13) Korek api
Berguna untuk menyalakan kompor ketika akan memasak dan menyalakan lilin atau lentera pada malam hari.
 

14) Obat-obatan pribadi
Obat-obatan ini biasanya dibawa oleh akseptor yang memiliki penyakit spesifik, contohnya asma.
 

15) Alat tulis
Dipergunakan ketika ada aktivitas yang berafiliasi dengan tulis menulis

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Apa Saja Perlengkapan Langsung Yangwajib Dibawa Untuk Berkemah?"