Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Mengenai Virus Bakteriofage?

Bakteriofage (sederhananya fage) ialah virus yang menginfeksi/ menyerang bakteri. Virus ini sering dipakai oleh para ilmuwan untuk penelaahan lebih mendalam wacana virus. Mengapa model bakteriofage yang dipakai sebagai model penelitian para ilmuan tersebut? Virus fage simpel ditumbuhkan pada basil (inang). Virus yang hidup pada basil tersebut simpel dipelihara dengan kondisi yang sanggup dikendalikan menyerupai waktu, kerja, dan ruangan yang relatif sedikit dibandingkan dengan pemeliharaan inang berupa tumbuhan dan hewan. Oleh lantaran itulah, bakteriofage menjadi perhatian yang besar untuk penelitian virus. Bakteriofage ialah kesatuan biologis paling sederhana yang diketahui bisa mereplikasi dirinya (mampu memalsukan dirinya sendiri menjadi lebih banyak). melaluiataubersamaini demikian, jasad renik ini dijadikan penelitian dalam genetika, yaitu dijadikan sistem model untuk mempelajari patogenesitas yang disebabkan virus.

Ciri-Ciri Umum Bakteriofage
Di manakah virus bisa hidup? Kenyataannya virus ada di mana-mana, terbukti sering terjadi mewabahnya suatu penyakit yang tidak mengenal kawasan tertentu. melaluiataubersamaini demikian, virus ini sama menyerupai virus pada umumnya yang sanggup hidup luas di alam. Bentuknya juga hampir sama menyerupai virus, yaitu terdiri atas sebuah inti asam nukleat yang dikelilingi oleh selubung protein. Virus ini mempunyai ujung yang dipakai untuk melewatkan asam nukleatnya saat menginokulasi sel inang.

Morfologi dan Struktur Bakteriofage
 tubuh bakteriofage tersusun atas kepala, ujung, dan serabut ujung. Kepala berbentuk polyhedral (segi banyak) yang di dalamnya mengandung DNA atau RNA saja. Dari kepala muncul tubus atau selubung memanjang yang dinamakan sebagai ujung virus. Ekor ini bertugas sebagai alat penginfeksi. Bagian antara kepala dan ujung mempunyai selubung yang disebut kapsid. Kapsid tersusun atas molekul-molekul protein, oleh alasannya itu disebut sebagai selubung protein atau pembungkus protein, fungsinya sebagai pelindung asam nukleat (DNA dan RNA), sanggup memmenolong menginfeksi virus ke sel inangnya dan memilih macam sel yang akan dilekati. pada pecahan ujungnya ditumbuhi serabut-serabut ujung yang sanggup berfungsi sebagai peserta rangsang atau reseptor. Sejumlah subunit molekul protein yang menyusun kapsid dan identik satu dengan yang lain disebut kapsomer. Telah kita ketahui bahwa ujung bakteriofage bertugas untuk menginfeksi. Tahukah Anda bahwa bakteriofage bergotong-royong mempunyai dua tipe cara menginfeksi, yaitu litik atau virulen dan hening atau lisogenik. Teknik-cara menginfeksi bakteriofage tersebut juga sekaligus dipakai sebagai cara bereproduksi (memperbanyak diri).
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Mengenai Virus Bakteriofage?"