Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Jenis-Jenis Seni Teater Modern?

Teater Boneka
Pertunjukan boneka sudah dilakukan semenjak Zaman Kuno. Sisa peninggalannya ditemukan di makam-makam India Kuno, Mesir, dan Yunani. Boneka sering digunakan untuk menceritakan legenda atau kisahkisah religius. Berbagai jenis boneka dimainkan dengan cara yang tidak sama. Boneka tangan digunakan di tangan sementara boneka tongkat digerakkan dengan tongkat yang dipegang dari bawah. Marionette, atau boneka tali, digerakkan dengan cara menggerakkan kayu silang daerah tali boneka diikatkan. Dalam pertunjukan wayang kulit, wayang dimainkan di rahasia tipis dan sinar lampu membuat bayangan wayang di layar. Penonton perempuan duduk di depan layar, menonton bayangan tersebut. Penonton laki-laki duduk di rahasia dan menonton wayang secara langsung.

Boneka Bunraku dari Jepang bisa melaksanakan berbagai gerakan sehingga diharapkan tiga dalang untuk menggerakkannya. Dalang berpakaian hitam dan duduk persis di depan penonton. Dalang utama mengendalikan kepala dan lengan kanan. Para pencerita bernyanyi dan melantunkan kisahnya.

Drama Musikal
Merupakan pertunjukan teater yang menggabungkan seni menyanyi, menari, dan akting. Drama musikal mengedepankan unsur musik, nyanyi, dan gerak daripada obrolan para pemainnya. Di panggung Broadway jenis pertunjukan ini sangat terkenal dan biasa disebut dengan pertunjukan kabaret. Kemampuan pemain drama tidak spesialuntuk pada penghayatan aksara melalui baris kalimat yang diucapkan tetapi juga melalui lagu dan gerak tari. Disebut drama musikal alasannya yaitu memang latar belakangnya yaitu karya musik yang menceritakan menyerupai The Cats karya Andrew Lloyd Webber yang fenomenal. Dari karya musik menceritakan tersebut kemudian dikombinasi dengan gerak tari, alunan lagu, dan tata pentas.

Selain kabaret, opera sanggup digolongkan dalam drama musikal. Dalam opera obrolan para tokoh dinyanyikan dengan ienteng musik orkestra dan lagu yang dinyanyikan disebut seriosa. Di sinilah letak perbedaan dasar antara Kabaret dan opera. Dalam drama musikal kabaret, jenis musik dan lagu bisa saja bebas tetapi dalam opera biasanya yaitu musik simponi (orkestra) dan seriosa. Tokoh-tokoh utama opera menyanyi untuk menceritakan kisah dan perasaan mereka kepada penonton. Biasanya juga berupa paduan suara. Opera bermula di Italia pada awal tahun 1600-an. Opera dipentaskan di gedung opera. Di dalam gedung opera, para musisi duduk di area yang disebut orchestra pit di bawah dan di depan panggung.

Teater Gerak
Teater gerak ialah pertunjukan teater yang unsur utamanya yaitu gerak dan lisan wajah serta badan pemainnya. Penggunaan obrolan sangat dibatasi atau bahkan dihilangkan menyerupai dalam pertunjukan pantomim klasik. Teater gerak, tidak sanggup diketahui dengan niscaya kelahirannya tetapi lisan bebas seniman teater terutama dalam hal gerak menemui puncaknya dalam masa commedia del’Arte di Italia. Dalam masa ini pemain teater sanggup bebas bergerak sesuka hati (untuk aksara tertentu) bahkan lepas dari aksara tokoh dasarnya untuk memancing perhatian penonton. Dari kebebasan lisan gerak inilah gagasan mementaskan pertunjukan dengan berbasis gerak secara
mandiri muncul.

Teater gerak yang paling terkenal dan bertahan hingga dikala ini yaitu pantomim. Sebagai pertunjukan yang sunyi (karena tidak memakai suara), pantomim mencoba mengungkapkan ekspresinya
melalui tingkah polah gerak dan mimik para pemainnya. Makna pesan sebuah lakon yang hendak disampaikan tiruana ditampilkan dalam bentuk gerak. Tokoh pantomim yang terkenal yaitu Etienne Decroux dan Marcel Marceau, keduanya dari Perancis.

Teater Dramatik
Istilah dramatik digunakan untuk menyebut pertunjukan teater yang berdasar pada dramatika lakon yang dipentaskan. Dalam teater dramatik, perubahan aksara secara psikologis sangat diperhatikan dan situasi dongeng serta latar belakang kejadian dibentuk sedetil mungkin. Rangkaian dongeng dalam teater dramatik mengikuti alur plot dengan ketat. Mencoba menarikdanunik minat dan rasa penonton terhadap situasi dongeng yang disajikan. Menonjolkan laris agresi pemain dan melengkapinya dengan sensasi sehingga penonton tergugah. Satu kejadian berkaitan dengan kejadian lain hingga membentuk keseluruhan lakon. Karakter yang disajikan di atas pentas yaitu aksara insan yang sudah jadi, dalam artian tidak ada lagi proses perkembangan aksara tokoh secara improvisatoris (Richard Fredman, Ian Reade: 1996). melaluiataubersamaini segala konvensi yang ada di dalamnya, teater dramatik mencoba menyajikan dongeng menyerupai halnya kejadian nyata.

Teatrikalisasi Puisi
Pertunjukan teater yang dibentuk menurut karya sastra puisi. Karya puisi yang biasanya spesialuntuk dibacakan dicoba untuk diperankan di atas pentas. Karena materi dasarnya yaitu puisi maka teatrikalisasi puisi lebih mengedepankan estetika puitik di atas pentas. Gaya akting para pemain biasanya teatrikal. Tata panggung dan blocking dirancang sedemikian rupa untuk menegaskan makna puisi yang dimaksud. Teatrikalisasi puisi mempersembahkan wilayah kreatif bagi sang seniman karena
mencoba menerjemahkan makna puisi ke dalam tampilan laris agresi dan tata artistik di atas pentas.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Jenis-Jenis Seni Teater Modern?"