Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Pengertian Kutub-Kutub Magnet Dan Juga Materi Magnetik Dan Nonmagnetik?

Magnet
Magnet pertama kali ditemukan di suatu tempat berjulukan Magnesia. Magnet yaitu kerikil bermuatan yang mempunyai sifat sanggup menarikdanunik benda yang mengandung partikel besi (Fe2O4).

1. Kutub-Kutub Magnet
Kutub-kutub magnet yaitu bab ujung magnet yang mempunyai kekuatan paling besar untuk menarikdanunik partikel besi dibandingkan bab magnet yang lain. Setiap magnet mempunyai dua buah kutub, yaitu kutub selatan dan kutub utara. Garis lurus yang menghubungkan kedua kutub ini
disebut sumbu magnet. Jika kita menggantungkan sebuah magnet dan mendiamkannya, arah memanjang magnet selalu mengarah ke arah utara-selatan. Sementara itu, jikalau sebuah
magnet dipotong, maka setiap kepingan tersebut akan tetap mempunyai dua kutub dan menjadi sebuah magnet yang baru. satu magnet akan berputar dan mempersembahkan kutub yang berlawanan jenis untuk menyatu dengan kutub yang lain.
Dapatkah  menunjukan mengapa hal itu sanggup terjadi? Ya, hal itu sanggup terjadi alasannya kutub-kutub magnet mempunyai sifat tertentu, yaitu:
a) Dua kutub magnet yang sejenis bila didekatkan akan saling tolak menolak.
b) Dua kutub magnet yang berlawanan jenis bila didekatkan akan saling tarik-menarikdanunik.

Bahan Magnetik dan Nonmagnetik
Bahan magnetik yaitu benda-benda yang sanggup ditarik oleh magnet. Berdasarkan pengertian magnet, materi magnetik mengandung partikel besi. Benda yang tergolong benda magnetik di antaranya yaitu besi, nikel, dan kobalt. Bahan magnetik pada umumnya ialah materi yang
dapat ditarik dengan berpengaruh oleh magnet sehingga disebut juga materi feromagnetik.

Bahan nonmagnetik yaitu materi yang tidak ditarik secara berpengaruh oleh magnet. Berdasarkan daya tarik magnetnya, materi nonmagnetik terbagi dua, yaitu materi paramagnetik dan diamagnetik. Bahan paramagnetik yaitu materi yang sanggup ditarik oleh magnet, tetapi tarikannya sangat lemah.
Bahan yang tergolong paramagnetik yaitu aluminium, tembaga, kaca, dan kayu. Sementara itu, materi diamagnetik yaitu materi yang apabila didekatkan dengan magnet, maka magnet akan menolaknya (menjauhinya). Logam mineral yang tergolong materi diamagnetik di antaranya emas dan timah hitam.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Pengertian Kutub-Kutub Magnet Dan Juga Materi Magnetik Dan Nonmagnetik?"