Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Pengertian Devisa Dan Fungsi Devisa?

Dalam perdagangan internasional diharapkan devisa sebagai alat pembayaran internasional. Pada waktu impor kita membutuhkan devisa untuk membayar impor, sedangkan pada waktu ekspor kita akan mendapat pembayaran dalam bentuk devisa. Sebagai pola Indonesia mengimpor sapi dari negara Australia, untuk membayar harga impor sapi tersebut Indonesia harus membayar dengan devisa kepada Australia. Demikian juga apabila Indonesia mengekspor tekstil ke negara Amerika Serikat maka Indonesia akan mendapat pembayaran devisa dari Amerika serikat.

Pengertian Devisa
Devisa ialah tiruana alat pembayaran yang diterima sebagai alat pembayaran luar negeri/internasional. Adapun wujud devisa sanggup berupa valuta asing/mata uang absurd (seperti dollar Amerika, pounsterling, yen, euro, yuan dan sebagainya), emas, wesel asing, dan tagihan/putang luar negeri. Sedangkan mata uang absurd yang pada umumnya digunakan sebagai alat pembayaran internasional ialah dollar Amerika. melaluiataubersamaini demikian dollar Amerika ialah alat pembayaran internasional yang sanggup digunakan untuk membayar banyak sekali transaksi luar negeri dengan negara-negara lain.

Fungsi Devisa
Mengapa devisa penting bagi suatu negara sehingga setiap negara tentu menginginkan
memperbesar devisanya? Bagi suatu negara, devisa sanggup digunakan sebagai:
a. alat pembayaran luar negeri;
b. membayar impor barang;
c. membayar jasa dari luar negeri;
d. membiayai kunjungan pejabat ke luar negeri;
e. membiayai pengiriman mahasiswa misi kesenian dan misi-misi lain ke luar negeri menyerupai kedutaan dan konsulat;
f. mengatasi kesusahan ekonomi dalam kaitannya dengan pembayaran luar negeri.

Devisa sanggup dibedakan menjadi dua macam yaitu devisa umum dan devisa kredit. Devisa umum ialah devisa yang diperoleh dari acara ekspor barang, penyelenggaraan jasa atau ekspor jasa dan bunga modal. Sedangkan devisa kredit ialah devisa yang diperoleh dari santunan atau kredit luar negeri. Devisa kredit ini harus dilinasi atau dikembalikan oleh negara. Wujud dari devisa antara lain berupa mata uang asing, tagihan atau piutang luar negeri, wesel absurd dan emas.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Pengertian Devisa Dan Fungsi Devisa?"