Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Jenis Seni Kriya

Seni kriya yaitu karya seni yang dibentuk dengan keterampilan tangan (hand skill) dengan memerhatikan aspek fungsional dan nilai seni. Penciptaan karya seni kriya tidak spesialuntuk didasarkan pada aspek fungsionalnya (kebutuhan fisik) saja, tetapi juga untuk pemenuhan kebutuhan terhadap
keindahan (kebutuhan emosional). Dalam perkembangannya, karya seni kriya selalu identik dengan seni kerajinan. Hal ini disebabkan pembuatan karya seni kriya yang tidak lepas dari pengerjaan tangan (hand made) dan mempunyai aspek fungsional.

Fungsi seni kriya secara garis besar terbagi atas tiga golongan, yaitu sebagai diberikut.
1. Hiasan (dbuntutasi)
Banyak produk seni kriya yang berfungsi sebagai benda patidakboleh. Seni kriya jenis ini lebih menonjolkan segi rupa daripada segi fungsinya sehingga bentukbentuknya mengalami pengembangan. Misalnya, karya seni ukir, hiasan dinding, cinderamata, patung,
dan lain-lain

2. Benda terapan (siap pakai)
Seni kriya yang bahu-membahu yaitu seni kriya yang tetap mengutamakan fungsinya. Seni kriya jenis ini mempunyai fungsi sebagai benda yang siap pakai, bersifat nyaman, namun tidak kehilangan unsur
keindahannya. Misalnya, senjata, keramik, furnitur, dan lain-lain..

3. Benda mainan
Di lingkungan sekitar sering kita jumpai produk seni kriya yang fungsinya sebagai alat permainan. Jenis produk seni kriya menyerupai ini biasanya berbentuk sederhana, materi yang dipakai relatif simpel didapat dan dikerjakan, dan harganya juga relatif murah. Misalnya, boneka, dakon, dan kipas kertas.

Jenis-Jenis Seni Kriya
Jenis-jenis seni kriya banyak sekali dan sangat simpel ditemukan di banyak sekali daerah. Berdasarkan dimensinya, jenisjenis seni kriya sanggup dibedakan sebagai diberikut.

1. Seni kriya dua dimensi
Karya seni kriya dua dimensi mencakup sulaman, bordir, mozaik, kolase, batik, tenun, relief, dan hiasan dinding.

2. Seni kriya tiga dimensi
Karya seni kriya tiga dimensi mencakup sebagai diberikut.

a. Kerajinan keramik
Kerajinan keramik memakai materi dasar tanah liat. Produk yang dihasilkan, contohnya vas
bunga, guci, teko, kendi, dan peralatan rumah tangga

b. Kerajinan logam
Kerajinan logam memakai materi jenis logam, menyerupai emas, perak, perunggu, besi, tembaga, aluminium, dan kuningan. Produk yang dihasilkan, contohnya komplemen emas dan perak, patung perunggu, senjata tajam, peralatan rumah tangga, dan alat musik gamelan. Sekarang kerajinan logam dibentuk dengan banyak sekali variasi bentuk.

c. Kerajinan kulit Kulit banyak dipakai untuk membuat banyak sekali benda kerajinan, menyerupai wayang kulit, tas, sepatu, jaket, dan alat musik rebana.

d. Kerajinan kayu
Kayu banyak menghasilkan banyak sekali benda kerajinan, menyerupai topeng, wayang golek, furnitur, patung, dan hiasan ukir-ukiran.

e. Kerajinan anyaman
Kerajinan anyaman biasanya memakai materi dasar, menyerupai bambu, daun mendong, dan
tali plastik untuk membuat tempayan, topi, tutup nasi, tikar, dan gantungan pot tanaman.

f. Kerajinan lainnya
Masih banyak jenis kerajinan lain yang sanggup kita jumpai di banyak sekali daerah, antara lain kerajinan
rotan, kerajinan payung, dan kerajinan membuat lampu hias.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Jenis Seni Kriya"