Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Faktor-Faktor Yang Mendorong Perdagangan Internasional?

a. Perbedaan Sumber Daya Alam
Setiap negara mempunyai kekayaan alam yang tidak sama-beda, ada yang kaya akan minyak bumi, hasil hutan, hasil pertanian, atau hasil tambang. Karena perbedaan sumber daya alam itulah yang menyebabkan hasil produksi suatu negara juga akan tidak sama. Seperti Indonesia mempunyai banyak kekayaan alam yang melimpah, salah satu contohnya di sektor kelautan dan gas bumi, sehingga Indonesia bisa mengekspor hasil maritim dan gas bumi ke banyak sekali negara yang belum sempurnanya diantaranya ke negara-negara Eropa. Sedangkan negara –negara Arab mempunyai kekayaan alam yang melimpah berupa minyak bumi, sehingga negara Arab menyerupai Arab Saudi dan Iran akan bisa mengekspor minyak bumi ke negarguagara lain yang belum sempurnanya minyak bumi. melaluiataubersamaini demikian sanggup dikatakan bahwa Indonesia mempunyai keunggulan di sektor kelautan dan gas bumi, sedangkan negara negara Arab mempunyai keunggulan di sektor minyak bumi. Perbedaan sumber daya alam inilah yang akan mendorong timbulnya perdagangan antarnegara.

b. Perbedaan Iklim dan Kerindangan Tanah
Perbedaan iklim dan tingkat kerindangan tanah yang dimiliki suatu negara juga akan besar lengan berkuasa terhadap hasil produksi negara tersebut. contohnya Indonesia yang diberiklim tropis dengan tanahnya yang rindang mempunyai hasil hutan dan hasil pertanian yang lebih baik jikalau dibandingkan dengan negara-negara yang tanahnya relatif kurang rindang dan diberiklim subtropis. melaluiataubersamaini keadaan ini Indonesia bisa mengekspor hasil hutan menyerupai kayu dan karet ke negara-negara lain yang belum sempurnanya.

c. Perbedaan Kebudayaan dan Gaya Hidup
melaluiataubersamaini adanya perbedaan kebudayaan dan gaya hidup masyarakat negara satu dengan negara lain, sanggup menyebabkan perbedaan terhadap produk yang dihasilkannya. contohnya Indonesia dengan produk batiknya yang populer di mancguagara, Turki dengan karpetnya yang terkenal, dan Jepang dengan pakaian kimononya. Perbedaan produksi alasannya yaitu perbedaan kebudayaan dan gaya hidup suatu negara ini juga sanggup mendorong terjadinya perdagangan antarnegara.

d. Perbedaan Iptek
Tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki suatu negara juga akan menyebabkan perbedaan hasil produksi dan tingkat kualitas produksi yang dihasilkan. Misalnya Jepang bisa memproduksi kendaraan beroda empat dengan kualitas relatif lebih baik jikalau dibandingkan dengan produk kendaraan beroda empat dari Korea. Negara Amerika Serikat dan negara negara Eropa bisa memproduksi pesawat terbang, sedangkan negara-negara berkembang belum bisa memproduksi barang-barang yang berteknologi tinggi itu. melaluiataubersamaini demikian perbedaan Iptek akan menyebabkan perbedaan barang hasil produksinya sehingga bagi negara yang menguasai Iptek tinggi akan bisa menjual atau mengekspor produksinya ke negara-negara yang belum menguasai Iptek dengan baik.

e. Perbedaan Sumber Daya Manusia
Kualitas masyarakat suatu negara akan sangat memilih produk yang dihasilkannya. Bagi masyarakat suatu negara yang tingkat pendidikannya tinggi, sudah barang tentu kualitas sumber daya manusianya juga tinggi sehingga bisa menghasilkan produk yang berteknologi dan berkarakter. Sebagai teladan produk komputer, hand phone, lap top, kendaraan beroda empat dan pesawat terbang yang dihasilkan oleh negara maju akan sanggup diekspor ke negara-negara yang belum bisa memproduksinya.

melaluiataubersamaini adanya perbedaan tersebut menyebabkan pada suatu negara terdapat keunggulan atau kelebihan hasil produksi dan di sisi lain negara juga mengalami belum sempurnanya hasil produksi. Negara yang kelebihan produksi akan mengekspor ke negara lain, sedangkan di negara yang belum sempurnanya produksi akan mengimpor dari negara lain.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Faktor-Faktor Yang Mendorong Perdagangan Internasional?"