Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Pola Negara Maju Dan Berkembang?

Salah satu misalnya yaitu Uni Emirat Arab. Negara tersebut mempunyai pendapatan perkapita yang tinggi dan pemenuhan kebutuhan masyarakatnya hingga pada tingkat kebutuhan sekunder bahkan
tersier. Akan tetapi, negara ini masih dikategorikan sebagai negara berkembang. Hal ini dikarenakan masih adanya aspek-aspek lain yang menunjukkan ciri-ciri negara berkembang di Uni Emirat Arab, antara lain, masih banyaknya penduduk yang tinggal di daerah pedesaan, penyokong perekonomian masih didominasi barang mentah (minyak mentah) dan bukan barang produksi, belum bisa mengolah sumber daya yang ada secara terbaik menjadi barang hasil produksi, serta mempunyai ketergantungan yang tinggi terhadap bangsa-bangsa Barat, khususnya Amerika Serikat dan Inggris dalam mengelola minyaknya.

Ketidakseimbangan antara jumlah faktor produksi dengan teknologi yang dikuasai inilah yang menimbulkan penerapan modal dan tenaga kerja belum sanggup dipakai secara terbaik. Lain halnya dengan Singapura. Meskipun negara ini relatif kecil, namun mempunyai tingkat pendapatan perkapita yang tinggi, lebih dari 80 penduduknya tinggal di daerah perkotaan, pertumbuhan ekonomi didukung oleh sektor perdagangan dan jasa, serta komoditas ekspor didominasi barang-barang hasil produksi. Halhal tersebut mengakibatkan Singapura tergolong sebagai negara maju.

Dalam perkembangannya, adanya tahapan perkembangan suatu negara sudah menggeser pola
tersebut. Pada kenyataannya, terdapat negara di daerah Selatan yang sanggup dikategorikan sebagai negara maju menurut kondisi fisik, sosial budaya, ekonomi, dan penguasaan iptek yang
dimilikinya. Negara-negara di wilayah Selatan yang sanggup dikategorikan negara maju, yaitu Australia dan Selandia Baru.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Pola Negara Maju Dan Berkembang?"