Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Pola-Pola Permukiman Penduduk?

Pola Permukiman
Permukiman adalah
tempat tempat bermukim (tempat tinggal). Penduduk aka menentukan tempat bermukim sedapat mungkin akrab dengan tempatnya melaksanakan acara sehari-hari. Hal itu akan megampangkannya melaksanakan mobilitas. Pemukiman penduduk membentuk contoh tertentu sesuai dengan keadaan lingkungannya. Adapun contoh permukiman penduduk ialah menyerupai diberikut.

a. Pola Memanjang
Pola permukiman memanjang sanggup dilihat pada permukiman penduduk di sepanjang alur sungai, jalan raya, jalan kereta api, dan pantai yang landai. Permukiman di sepanjang alur sungai berkaitan dengan kepentingan penduduk akan air dan masukana transportasi air. Permukiman di sepanjang jalan raya dan jalan kereta api berkaitan dengan kepentingan penduduk akan masukana transportasi darat untuk memperlancar mobilitasnya. Biasanya lahan yang berada di sepanjang jalan raya bernilai ekonomi tinggi terutama di perkotaan.

b. Pola Terpusat
Permukiman terpusat biasanya terjadi alasannya ikatan keluarga ataupun alasannya keadaan alam. Misalnya, penduduk mengelompok alasannya masih ialah keluarga seketurunan. Permukiman
terpusat juga sanggup terjadi alasannya adanya sumber air di tempat kering. Penduduk akan
mendekati sumber air tersebut. Misalnya oase di tempat gurun, penduduk akan bermukim di seputar oase tersebut.

c. Pola Menyebar/Terbuka
Permukiman menyebar terjadi alasannya perkembangan jumlah penduduk dan keadaan permukaan bumi. Di tempat dataran rendah, contoh menyebar terjadi alasannya perkembangan jumlah penduduk. Akibat perkembangan jumlah penduduk, tidak jarang terjadi perubahan fungsi lahan. Lahan yang tiruanla untuk pertanian, berubah sebagai tempat bermukim. Perkembangan lokasi permukiman ini terjadi ke segala jurusan.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Pola-Pola Permukiman Penduduk?"