Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Sumber Perolehan Devisa/Valuta Asing?

Sumber Perolehan Devisa/Valuta Asing
Setiap negara sudah tentu memerlukan devisa, yang dipakai untuk membayar/ membiayai transaksi-transaksi dengan luar negeri. Adapun sumber perolehan devisa/ valuta absurd berasal dari kegiatan-kegiatan diberikut.

a. Ekspor Barang
melaluiataubersamaini menjual barang ke luar negeri, negara kita akan memperoleh devisa. Semakin besar nilai ekspor, semakin besar pula penerimaan devisa. Apabila ekspor lebih besar dari impor maka akan terjadi surplus, tetapi jikalau ekspor lebih kecil dari impor maka akan terjadi defisit.

b. Penyelenggaraan Jasa
melaluiataubersamaini menyelenggarakan atau menjual jasa ke luar negeri maka negara akan mendapatkan devisa. misal penyelenggaraan jasa yaitu jasa penyediaan pelabuhan, bandar udara, dan jasa-jasa lain.

c. Pariwisata
Kegiatan pariwisata juga sanggup menhadirkan devisa, sebagai pola bila ada wisatawan mancguagara/asing yang berkunjung ke Indonesia, tentu saja turis tersebut akan membelanjakan uangnya di Indonesia, dengan demikian Indonesia akan mendapatkan mata uang absurd yang ialah devisa bagi Indonesia.

d. Hadiah dan santunan Luar Negeri
Hadiah atau menolongan dari luar negeri, baik berupa uang absurd maupun barang ialah devisa bagi negara penerima. Apabila hadiah atau menolongan tersebut berupa barang berarti sanggup mengurangi anggaran belanja dan menghemat devisa. Kaprikornus hadiah atau menolongan yang berupa barang itu secara tidak pribadi ialah embel-embel devisa, akan tetapi jikalau hadiah atau menolongan berupa mata uang asing/valuta absurd maka secara pribadi menambah devisa.

e. Kredit atau Pinjaman dari Luar Negeri
Pinjaman dari luar negeri yang berupa mata uang absurd ialah embel-embel devisa bagi negara peserta pinjaman. Pinjaman tersebut sanggup dipakai untuk membiayai keperluan negara dan harus dikembalikan.

f. Kiriman Uang Asing dari Luar Negeri
Apabila ada orang Indonesia yang bekerja di luar negeri dan mengirim uang ke Indonesia untuk keluarganya, berarti terjadi anutan mata uang absurd ke Indonesia, sehingga sanggup menambah simpanan devisa di bank alasannya yakni orang yang mendapatkan kiriman mata uang absurd akan menukar dengan mata uang rupiah di bank.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Sumber Perolehan Devisa/Valuta Asing?"