Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Tiga Bab Kekebalan Diplomatik Yang Terdapat Dalam Buku Tertib Diplomatik Dan Tertib Protokoler?

 Kekebalan yang terdapat dalam buku tertib diplomatik dan tertib protokoler diperinci menjadi tiga bagian, yaitu sebagai diberikut.

1) Kekebalan pribadi
Kekebalan pribadi (imunitas perorangan) sanggup diperinci lagi sebagai diberikut.
a) Berhak atas santunan istimewa atas pribadi dan atas harta bendanya.
b) Bebas dari alat-alat paksaan, baik soal perdata maupun soal pidana.
c) Bebas dari kewajiban menjadi saksi.
d) Bebas dari tiruana pajak langsung, kecuali pajak tanah, retribusi, dan bea materai.

2) Kekebalan kantor perwakilan dan rumah kediaman
Kantor perwakilan diplomatik dan rumah kediamannya dihentikan dimasuki tanpa izin oleh negara penerima, kecuali dalam keadaan darurat, contohnya ada kebakaran, banjir, dan sebagainya. Bendera aneh bebas berkibar di atas gedung kedutaan dengan tidak perlu didampingi bendera negara peserta di sebelah kanannya. Kekebalan kantor perwakilan dan rumah kediaman (immunitas daerah tinggal) mengakibatkan hak asy atau hak suaka politik. Hak suaka politik ialah hak untuk mencari dan mendapat santunan dari suatu keduatan aneh oleh seorang delliguent politik maupun kriminal.

3) Kekebalan terhadap koresponden (immunitas surat menyurat)
Kekebalan ini memungkinkan surat menyurat dihentikan disensor. Ini tidak berarti bahwa duta dan pengikutnya tersebut sanggup berbuat sewenang-wenang. Mereka diharuskan menaati peraturan perundangundangan yang berlaku di negara itu. Pelanggaran sanggup mengakibatkan pemerintah mengajukan protes kepada kementerian luar negeri negara pengirim. Jika perlu dengan usul kembali atau dipersonanongratakan.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Tiga Bab Kekebalan Diplomatik Yang Terdapat Dalam Buku Tertib Diplomatik Dan Tertib Protokoler?"