Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terbentuknya Kepulauan Indonesia

Terbentuknya Kepulauan Indonesia

Meluasnya Daratan
Ketika bumi masih goyah, masih sering terjadi perubahan-perubahan pada kulit bumi dan sering terjadi pula proses letusan pegunungan berapi, erosi, pengendapan, serta pengangkatan pepegununganan. Sehingga, secara otomatis terjadi pula perubahan relief bumi yang asalnya dataran tinggi bermetamorfosis dataran rendah, atau sebaliknya, ditambah lagi dengan adanya gerakan dari dalam bumi (endogen) dan dari luar kulit bumi (eksogen). Kedua gerakan ini menjadikan terjadinya pepegununganan
ataupun daratan yang tadinya terletak di bawah permukaan laut, lalu terangkat dan alhasil daratan menjadi makin luas.

Terbentuknya Kepulauan Indonesia
Pada awalnya, Kepulauan Indonesia belahan barat bersatu dengan Benua Asia. Sedangkan, Indonesia belahan timur bergabung dengan Benua Australia.

Untuk Kepulauan Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara yaitu kepulauan asli, tidak tergabung dengan kedua benua tersebut lantaran sudah dikelilingi oleh laut-laut yang dalam. Kemudian, mencairnya es di kutub menjadikan permukaan air bahari naik. Mencairnya es di kutub disebabkan oleh pemanasan bumi secara global.

Akibatnya, daratan yang menghubungkan antara Kepulauan Indonesia dengan kedua benua tersebut menjadi tergenang air laut. Bekas daratan yang tadinya menghubungkan Indonesia bagian
barat dengan Benua Asia kini disebut Paparan Sunda, sedangkan bekas daratan yang menghubungkan Indonesia belahan timur dengan Benua Australia disebut Paparan Sahul.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Terbentuknya Kepulauan Indonesia"