Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Kejadian Dan Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Insan (Ham) Di Dunia Internasional

Artikel ini akan mengulas terkena pelanggaran ham, masalah pelanggaran ham internasional, pola masalah pelanggaran ham internasional, masalah pelanggaran ham di dunia, masalah ham internasional, masalah perkara pelanggaran ham internasional, pola pelanggaran ham di dunia, artikel pelanggaran ham internasional, pola masalah genosida.


Kasus Pelanggaran HAM Internasional

Kasus-kasus pelanggaran HAM internasional yang terjadi pada umumnya disebabkan belum dipahaminya konsep HAM dan banyaknya susukan pelanggaran disiplin serta tata tertib oleh oknum di lapangan. 

Selain itu, sistem peradilan nasional di setiap negara tidak selalu efektif melaksanakan proses peradilan terhadap pelaku pelanggaran HAM tersebut. Kasus pelanggaran HAM internasional sanggup dibedakan menjadi empat kategori.

1) Kejahatan genosida (The crime of genocide)

Dalam sejarah penegakan HAM, di dunia ini pernah terjadi beberapa kejadian yang tergolong ke dalam kejahatan genosida, di antaranya bencana My Lai pada 16 Maret 1968 di Vietnam serta bencana Shabra dan Shatila pada September 1982, di Beirut, Lebanon.

2) Kejahatan melawan kemanusian (Crime againts humanity)

Kejahatan kemanusian sanggup berbentuk pembunuhan, pemusnahan, penyiksaan, perbudakan, pengusiran, perampasan kemerdekaan yang melanggar aturan internasional dan sebagainya. 

misal masalah kejahatan melawan kemanusiaan yang pernah terjadi di dunia ini, diantaranya pembuhunan rakyat Uganda dan pembunuhan rakyat Kamboja.

3) Invasi atau aksi suatu negara ke negara lain (The crime of aggression)

Invasi atau aksi ialah suatu bentuk penyerangan dengan memakai kekuatan militer yang dilakukan oleh suatu negara atau bangsa terhadap negara atau bangsa lainnya, dengan dasar untuk mencaplok wilayah yang dikuasai negara yang diinvasi, memerangi kejahatan internasional, dan sebagainya. 

Akan tetapi, hal tersebut dilakukan dengan tidak memakai dasar aturan yang besar lengan berkuasa serta melegalkan tindakan tersebut. 

misal dari tindakan invasi tersebut diantaranya invasi Irak ke Iran pada 22 September 1980 dan invasi Amerika Serikat beserta sekutunya kepada Irak pada 20 Maret 2003.

4) Kejahatan perang (War crimes)

Kejahatan perang yaitu suatu tindakan pelanggaran, dalam cakupan aturan internasional, terhadap aturan perang oleh satu atau beberapa orang, baik militer maupun sipil. 

Pelaku kejahatan perang ini disebut penjahat perang. Setiap pelanggaran aturan perang pada konflik antarbangsa ialah kejahatan perang. 

Pelanggaran yang terjadi pada konflik internal suatu negara belum tentu sanggup dianggap kejahatan perang. 

Kejahatan perang mencakup tiruana pelanggaran terhadap pinjaman yang sudah ditentukan oleh aturan perang, dan juga mencakup beberapa aspek kegagalan untuk tunduk pada norma mekanisme dan aturan pertempuran, ibarat menyerang pihak yang sudah mengibarkan bendera putih, atau sebaliknya, memakai bendera perdamaian itu sebagai seni administrasi perang untuk mengecoh pihak lawan sebelum menyerang. 

Beberapa mantan kepala negara dan kepala pemerintahan yang sudah diadili lantaran kejahatan perang antara lain yaitu Karl Dönitz dari Jerman, mantan Perdana Menteri Hideki Tojo dari Jepang dan mantan Presiden Lidiberia Charles Taylor. 

Pada awal 2006 mantan Presiden Irak Saddam Hussein dan mantan Presiden Yugoslavia Slobodan Milošević juga diadili lantaran kejahatan perang.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Contoh Kejadian Dan Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Insan (Ham) Di Dunia Internasional"