Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Kejadian Dan Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Insan (Ham) Di Indonesia

Artikel ini akan mengulas terkena pelanggaran ham, teladan masalah pelanggaran ham di indonesia, masalah kasus pelanggaran ham di indonesia, masalah pelanggaran hak asasi insan di indonesia, masalah ham di indonesia.


Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia di Indonesia

Terdapat teladan peristiwa-peristiwa yang dikategorikan sebagai pelanggaran hak asasi insan yang pernah terjadi di Indonesia, di antaranya ialah sebagai diberikut.

  1. Pembunuhan massal terhadap 40.000 orang rakyat Sulawesi Selatan oleh tentara Belanda yang dipimpin oleh Kapten Westerling pada tanggal 12 Desember 1946
  2. Pembunuhan 431 penduduk Rawagede oleh tentara Belanda pada tanggal 5 Desember 1947.
  3. Kerusuhan Tanjung Priok tanggal 12 September 1984. Dalam masalah ini 24 orang tewas, 36 orang luka berat dan 19 orang luka enteng.
  4. Peristiwa Talangsari pada tanggal 7 Februari 1989. Dalam masalah ini 27 orang tewas. Sekitar 173 orang ditangkap, namun yang hingga ke pengadilan 23 orang.
  5. Penembakan mahasiswa Universitas Trisakti pada tanggal 12 Mei 1998. Dalam masalah ini 5 orang tewas.
  6. Tragedi Semanggi I pada tanggal 13 November 1998. Dalam masalah ini lima orang tewas. Kemudian terjadi lagi tragedi Semanggi II pada tanggal 24 September 1999 yang memakan lima orang korban meninggal.
  7. Berbagai macam bentuk kerusuhan dan konflik antarsuku yang menjadikan jatuhnya korban jiwa, menyerupai konflik Poso, peristiwa Mesuji, dan sebagainya.

Sebagai bangsa Indonesia, tentu saja kita sangat menyesalkan terjadinya pelanggaran hak asasi insan sebagaimana dicontohkan di atas. 

Tindakan itu melanggar nilai-nilai kemanusian sebagaimana sudah digariskan dalam Pancasila. Tidak spesialuntuk itu, penculikan juga tidak dibenarkan oleh anutan agama apapun, serta sanggup merusak persatuan, kedamaian dan keadilan yang menjadi hak setiap manusia.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Contoh Kejadian Dan Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Insan (Ham) Di Indonesia"